Home Breaking News Pound Melojnak Saham FTSE 100 Turun 12,9 Poin

Pound Melojnak Saham FTSE 100 Turun 12,9 Poin

153
Nilai tukar mata uang asing. reuters.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pound naik mencapai tingkat tertinggi terhadap dolar tahun ini setelah inflasi Inggris lebih kuat dari yang diperkirakan pada bulan Agustus.

“Pounsterling melonjak 0,84 persen menjadi $ 1,3275 pada akhir jam bisnis London yang diklaim tertinggi setahun ini,” ujar bbc, Rabu dini hari (13/9/2017).

Uniknya, lonjakan Pound itu di tengah tingkat inflasi IHK naik menjadi 2,9 persen pada Agustus karena harga bahan bakar dan pakaian naik.  Juli sebesar 2,6 persen dari perkiraan 2,8 persen.

Pound juga menguat terhadap euro, naik 7 persen menjadi 1.1096 euro.

Di samping itu, angka inflasi menekan kepada  Bank of England yang kini mempertimbangkan kenaikan suku bunga karena memiliki target inflasi hanya 2 persen.

Bank itu akan mengumumkan keputusan terakhir mengenai suku bunga pada hari Kamis depan. Namun, analis menduga belum akan dilakukan tindakan apapun.

Samuel Tombs, kepala ekonom Inggris di Pantheon Macroeconomics, mengatakan bahwa dia memperkirakan prospek kenaikan suku bunga tahun ini “jauh”.

“Inflasi di dalam negeri terjaga, ekspektasi inflasi tetap baik dan pertumbuhan PDB terlalu lemah untuk menjamin suku bunga yang lebih tinggi,” katanya.

Lonjakan di pound menekan harga saham lebih rendah, indeks saham FTSE 100 yang kemarin melejit kini berakhir turun 12,9 poin pada 7.400,69.

Saham penyiar Sky turun 5 persen setelah pemerintah Inggris kembali mengatakan pihaknya “berpikiran” untuk menyelidiki tawaran 21st Century Fox lebih lanjut untuk mengambil alih seluruh saham perusahaan. Saham Sky ditutup turun 1,5 persen.

Saham kelompok penyewaan peralatan industri Ashtead melonjak 5% setelah perusahaan mengatakan akan melihat peningkatan volume permintaan di AS menyusul Badai Harvey dan Irma.

Indeks FTSE 250, saham JD Sports naik 9 persen setelah adanya kekhawatiran penurunan di sektor “athleisure” dengan melaporkan kenaikan besar dalam penjualan dan keuntungan.

Dalam enam bulan sampai akhir Juli, penjualan naik 41 persen dari tahun sebelumnya menjadi £ 1.4bn, keuntungan sebelum pajak naik 33 persen menjadi £ 103m. (dewi)

Komentar

Komentar