Home Breaking News Polusi Udara di India Lebih Parah dari China

Polusi Udara di India Lebih Parah dari China

367
Tiga perempuan India menanti bus yang jalan yang diselubungi polusi. (Foto: Greenjournalist)

MUMBAI, CITRAINDONESIA.COM- Penelitian terbaru Greenpeace India menyebutkan, rata-rata orang India menghadapi polusi udara lebih parah dibanding yang dialami rata-rata warga China pada 2015.

“Tingkat polusi udara di India, terutama India Utara, telah meningkat selama dekade terakhir, dengan 2015 sebagai tahun paling tercemar,” ujar organisasi itu seperti dilansir Bloomberg, Rabu (24/2/2016).

Greenpaece melakukan penelitian dengan menganalisa tingkat polusi udara berdasarkan data satelit.

Paparan polusi yang dialami warga China mencapai puncaknya pada 2011 dan mengalami peningkatan secara dramatis.

Menurut Greenpeace, konsentrasi PM2,5, partikel halus yang menimbulkan risiko terbesar bagi kesehatan, turun 17% 2010-2015 di China, sementara di India naik 13% dan di AS turun 15%.

“China dapat menjadi contoh bagaimana langkah-langkah tertentu dapat membantu mengurangi polusi,” imbuh organisasi lingkungan itu.

Negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia itu telah menetapkan serangkaian target untuk meningkatkan kualitas udara di daerah-daerah yang tercemar dengan meningkatkan penggunaan energi bersih.

Upaya China telah menghasilkan perbaikan, juga dengan memberlakukan standar emisi yang lebih ketat untuk industri berat dan pembatasan pada konsumsi batubara.

Greenpeace menyarankan India untuk menetapkan tenggat waktu untuk standar kualitas udara nasional yang harus dipenuhi, dan untuk membuat rencana aksi regional yang melibatkan daerah yang sangat tercemar, mulai dari Negara Bagian Punjab di utara hingga West Bengal di timur. (man)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar