Home Breaking News PM Spanyol : 5 Hari Ini Presiden Cabut Dokumen Catalonia

PM Spanyol : 5 Hari Ini Presiden Cabut Dokumen Catalonia

192
Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy telah memberi pemimpin separatis Catalonia 5 hari ini apakah ingin menderka atau tidak, ini buntut dari referendum Catalonia yang chaos menelan korban ratusan.

“Jika Presiden Spanyol, Carles Puigdemont diberi 3 hari lagi untuk mencabut deklarasi tersebut,” tegas Mariano Rajoy, Kamis (12/10/2017).

Gagal, Madrid akan meminta Pasal 155 dari konstitusi yang memungkinkannya menangguhkan otonomi daerah dan memberlakukan peraturan langsung.

Hal itu menyusul langkah Pemimpin Katalan menandatangani sebuah deklarasi kemerdekaan, Selasa kemarin. Namun, mereka menghentikan pelaksanaannya untuk mengizinkan pembicaraan dengan Pemerintahan Presiden Spanyol, Carles Puigdemont.

Spanyol mengalami gejolak sejak pemerintah separatis mengadakan referendum disengketakan di Catalonia 1 Oktober yang dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi negara tersebut.

Hampir 90% pemilih mendukung kemerdekaan dengan jumlah pemilih 43%, kata pejabat Catalan. Pemilih anti-kemerdekaan memboikot pemungutan suara dan ada beberapa laporan penyimpangan.

Polisi nasional terlibat dalam adegan kekerasan saat mencoba menghentikan pemungutan suara. (dewi)

Komentar

Komentar