Home Daerah Jakarte Pilkada DKI 2017, CSIS: Elektabilitas Ahok Tertinggi

Pilkada DKI 2017, CSIS: Elektabilitas Ahok Tertinggi

179
Ahok dan Taufik saat memberi keterangan ke awak media, (Foto: Yulia/citraindonesia.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Center of Strategic and International Studies (CSIS) menyebut, tingkat popularitas dan elektabilitas Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menempati peringkat tertinggi dibanding 12 nama tokoh lainnya yang mungkin maju pada Pilkada DKI 2017.

“Tingkat elektabilitas Ahok mencapai 45%, mengungguli Ridwan Kamil (15,75%), Tris Rismaharini (7,75%), dan Adhyaksa Dault (4,25%),” jelas peneliti CSIS, Arya Fernandes,  saat mempresentasikan hasil penelitian CSIS bertajuk “Survei DKI Jakarta: Calon Independen Vis a Vis Calon Partai”, Senin (25/1/2016), di Jakarta.

Ia mengaku, data itu didapat berdasarkan survei pada 5-10 Januari 2016 dengan melibatkan 400 responden yang semuanya merupakan warga Jakarta dan telah memiliki hak pilih dengan rentang usia 17 hingga di atas 50 tahun.

Para respondentersebut memiliki jenjang pendidikan lulusan SD hingga sarjana strata tiga, dan dari berbagai suku serta agama, dengan metode wawancara tatap muka dan pedoman kuesioner terstruktur.

Ia juga menyebut, margin error pada survei ini sekitar  4,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Saat survei, sejumlah nama yang selama ini disebut-sebut akan maju pada Pilkada DKi 2017, disodorkan kepada responden untuk dipilih. Selain Ahok, Ridwan Kamil, Tri Rismaharini, dan Adhyaksa Dault, nama lain yang diajukan adalah Tantowi Yahya, Hidayat Nur Wahid, Nachrowi Ramli, Abraham Lunggana (Haji Lulung), Djarot Saiful Hidayat, Fauzi Bowo, Alex Noerdin, dan Boy Sadikin. (man)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar