Search
Monday 22 December 2014
  • :
  • :

Petani Mampaatkan SRG Hindari Lintah Darat

Pak Tani Panen

Pak Tani Panen

CitraIndonesia.Com: Petani kian gandrungi program sistem resi gudang (SRG) yang dimotori Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan.

Bahkan kini, Bank Indonesia (BI) pun tak malu- malu lagi menyebutkan bahwa program  resi gudang itu adalah sebagai  solusi yang baik bagi petani dan pedagang.

Di mana, petani atau pemilikk komoditi, dengan tenang menunggu saatnya harga naik. Tanpa harus termakan tengkulak yang tiap hali mengintip mangsanya.

Dengan SRG BI juga menyebutkan dapat menjaga pasokan dan stabilitas bahan pangan yang saat ini tengah berhadapan  dengan tekanan inflasi.

“Petani  tidak terburu-buru menjual. Bisa menyimpan di gudang. Dan bank- bank tiap hari siap memberikan  kredit bila memang dibutuhkan petani,” tegas  Direktur Departemen Riset Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo,  rakornas  Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Rabu (16/5/2012).

Bagi petani peserta SRG berhak mendapatkan kredit 17%  dari total nilai. Bungapun cuma 6%. Karena yang 5% disubsidi  APBN.

Iniformasi inilah yang harus dimampaatkan para petani di daerah sehingga mereka tidak lagi m,enjadi sasaran empuk tengkulak alias lintah darat. (rosa/olo)




3 thoughts on “Petani Mampaatkan SRG Hindari Lintah Darat

  1. jaya kisam

    kami sebagai petani kopi di propinsi sumatera selatan , kabupaten OKU

    selatan, Kecamatan kisam tinggi ,desa balaian ,ingin mendapatkan cara SRG y
    ang kami baca dimana kami harus mendapatkan informasi ini yang akurat sehingga kami juga dapat menikmaniti progran ini. hp 081373504254

Comments are closed.