Search
Saturday 13 February 2016
  • :
  • :

BI: Bank Beri Pinajaman SRG

BI: Bank Beri Pinajaman SRG

Seonggok uang rupiah. foto ist

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Petani mulai menggandrungi program sistem resi gudang (SRG) dimotori Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan.

Bahkan Bank Indonesia (BI) pun tak malu- malu lagi menyebutkan bahwa program resi gudang itu adalah sebagai solusi yang baik bagi petani dan pedagang.

Di mana, petani atau pemilikk komoditi, dengan tenang menunggu saatnya harga naik. Tanpa harus termakan tengkulak yang tiap hali mengintip mangsanya.

Dengan SRG BI juga menyebutkan dapat menjaga pasokan dan stabilitas bahan pangan yang saat ini tengah berhadapan dengan tekanan inflasi.

“Petani tidak terburu-buru menjual. Bisa menyimpan di gudang. Dan bank- bank tiap hari siap memberikan kredit bila memang dibutuhkan petani,” tegas Direktur Departemen Riset Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo, rakornas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Jakarta, Rabu (16/5/2012).

Bagi petani peserta SRG berhak mendapatkan kredit 17% dari total nilai. Bungapun cuma 6%. Karena yang 5% disubsidi APBN.

Iniformasi inilah yang harus dimampaatkan para petani di daerah sehingga mereka tidak lagi m,enjadi sasaran empuk tengkulak alias lintah darat. (oca/olo)

Bagikan:
Print Friendly

Komentar

Komentar




XSLT Plugin by BMI Calculator