Home Breaking News Pertumbuhan Ekonomi China 6,9 Persen Tahun 2017

Pertumbuhan Ekonomi China 6,9 Persen Tahun 2017

96
Presiden China Xi Jinping buka kongres partai komunia. Foto mediaitem

CHINA, CITRAINDONESIA.COM- Perrtumbuhan ekonomi China tahun 2017 sebesar 6,9% menurut data resmi, tertinggi pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir.

‘Angka tersebut mengalahkan target ekspansi tahunan resmi Beijing sekitar 6,5%‘, ujar para analisis keuangan setempat.

China adalah pendorong utama ekonomi global dan merupakan data terbaik dari perkiraan kemungkinan akan membuat investor gembira di seluruh dunia.

Namun banyak pengamat China percaya bahwa jumlah PDB jauh lebih lemah daripada yang diperkirakan oleh para pejabat.

Bulan ini saja, pemerintah Mongolia Dalam dan kota industri besar Tianjin telah mengakui angka ekonomi mereka untuk tahun 2016 dilebih-lebihkan.

Mengambil angka pada nilai nominal, tingkat pertumbuhan 2017 adalah yang tertinggi di China dalam dua tahun. Dan ini merupakan pertama kalinya ekonomi berkembang lebih cepat dari tahun sebelumnya sejak 2010.

Namun saat Beijing meningkatkan upaya untuk mengurangi hutang berisiko dan untuk meningkatkan kualitas udara, para analis mengatakan hal ini dapat berdampak pada pertumbuhan tahun 2018.

Angka yang dirilis pada hari Kamis juga menunjukkan dalam tiga bulan terakhir tahun 2017, ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 6,8% – sedikit lebih tinggi dari perkiraan analis.

Sekedar tahu, China masih negara dengan pertumbuhan ekonomi tertingi di dunia, dengan jumlah penduduk di atas 1,5 miliar jiwa, tahun 2003, Presiden Hu Jin Tao saat itu mempu memecahkan rekor petumbuhan ekonomi terbesar di dunia yakni 10 persen. (toyo)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar