Weather United States Of America, Ashburn United States Of America, Ashburn +13°C

Citra Indonesia

Perintah Menkoperek Soal Gas 3 Kg Ditanggapi

Perintah Menkoperek Soal Gas 3 Kg Ditanggapi

September 22
14:19 2011

Citra Indonesia.com: Perintah Menkoperek Hatta Rajasa kepada Menteri Energi ESDM Darwin Zahedia Saleh, mengkaji kembali SK penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kg di pangkalan direspon masyarakat.

Respon tersebut menyusul SK Menteri ESDM. Bahwa HET gas elpiji 3 Kg diserahkan kepada gubernur, bupati atau walikota pangkalan hanya menguntungkan pangkalan saja.

Sementara beban masyarakat bertambah, karena harus menanggung biaya distribusi gas elpiji yang sudah disubsidi pemerintah.

“Ini membuktikan pemerintah tidak menutup mata terhadap kritikan masyarakat,” kata Direktur Pusat Study Kebijakan Publik (Puskepi), S Zakaria, Kamis (22/9).

Sebelumnya memang dasar pemikiran pemerintah dalam hal ini Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, menyerahkan HET Pemda, terutama pangkalan yang letak jaraknya di atas 60 Km dari stasiun pengangkutan dan pengisian bulk dan elpiji (SPPBE) yang  dianggap sulit,  sebenarnya kata dia tidak tepat juga.

Telebih bila masalah itu diselesaikan dengan menetapkan HET pangkalan yang besarnya di atas ketentuan HET nasional Rp12.750/Kg.

Sebab dalam mekanisme pendistribusian gas elpiji 3 Kg, sambungnya, pangkalan tidak langsung menebus atau mengambil gas elpiji dari SPPBE, tapi lewat agen.

”Jadi yang harus menanggung biaya ongkos angkut ekstra pada jarak di atas 60 Km tersebut adalah agen, bukan pangkalan,” terang S Zakaria.

Jika pemda merasa perlu menambah ongkos angkut, maka yang harus diberikan kepada agen, bukan pangkalan. ”Biaya angkut ini harus dibebankan ke APBN,  bukan dibebankan ke masyarakat seperti BBM bersubsidi,” pungkas pemangamat ini mengingatkan. (oloan siregar)


Share

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Only registered users can comment.

Cari Konten

image003

Desainbagus.com - jasa pembuatan website dan toko online terbaik