Home Breaking News Peringatan Dini Longsor Jakarta

Peringatan Dini Longsor Jakarta

920
Banjir di Jakarta tahun 2012

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menyusul berbagai bencana banjir akibat hujan, BPBD mengeluarkan Peringatan Dini Wilayah Potensi Pergerakan Tanah di Provinsi DKI Jakarta, Februari 2018. Maka itu masyarakat supaya waspada.

‘Potensi longsor yang terjadi di wilayah Jabodetabek akhir – akhir ini semakin bertambah. Hal ini mengingat secara visual intensitas hujan yang turun di daerah Jabodetabek masih terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat‘, ujar laman BPBD, Selasa (6/2/2018).

Menurut data dari Kementrian Energi dan Sumber daya Mineral Republik Indonesia Badan Geologi Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Wilayah potensi gerakan tanah di Provinsi DKI Jakarta pada bulan Februari 2018 akan terjadi di beberapa wilayah Jakarta Selatan (Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan) dengan intensitas Menengah – tinggi dan tebet dengan intensitas menengah.

Jakarta Timur (Cipayung, Ciracas, Jatinegara, Makasar) dengan intensitas Menengah dan (Kramat Jati, Pasar Rebo) dengan intensitas Menengah – Tinggi. Jakarta Barat dengan intensitas Menengah di Kembangan.

Daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi pergerakan tanah yang dimaksud adalah pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal. Terutama pada daerah yang berbatasan dengan limbah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengelami gangguan.

Intensitas Tinggi Daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah yang dimaksud pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Dihimbau kepada masyarakat daerah sekitar agar tetap waspada dengan peringatan pergerakan tanah yang dapat menimbulkan dampak seperti tanah longsor dsb.

PUSAT DATA & INFORMASI KEBENCANAAN BPBD PROVINSI DKI JAKARTA

Gedung Dinas Teknis, Lantai 5, Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat

Email :

[email protected]

[email protected]

Telp/Fax : (021) 386 5632

Call Center Jakarta Siaga : 112

Twitter : @BPBDJakarta

Sumber : Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar