Home Breaking News Perang AS vs Korea Utara, Ini Kata Donald Trump

Perang AS vs Korea Utara, Ini Kata Donald Trump

101
Kandidat Capres AS tahun 2016, Donald Trump. Foto AP.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ancaman perang Korea Utara vs Amerika Serikat (AS) kian mendekati dan mengkhawatirkan. Kedua belah pihak (Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong- Un) terus bersitegang.

Menurut Koran Korea Utara, Rodong Sinmun, dilansir reuters. “Ada 3,5 juta tentara Korea Utara dan kader partai komunis siap mati melawan tentara AS,” ujarnya, Sabtu (12/8/2017).

Di lain sisi, cuitan Presiden AS Donald Trump, mengatakan “Solusi militer sekarang sepenuhnya ada, terkunci dan dimuat, jika Korea Utara tidak bijaksana,”.

Kata Trump, jika pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un melakukan apapun dengan negara bagian Guam, atau tempat lain wilayah Amerika atau sekutu Amerika, ” (Kim) dia benar-benar akan menyesalinya dan dia akan menyesali dengan cepat,” tandasnya.

Terpihsah, Presiden China, Xi Jinping, telah menyerukan kesabaran kedua belah pihak mengenai pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara.

Atas ketegangan AS- Korea Utara, Xi Jinping menurut Xinhua, Sabtu menelepon Presiden AS Donald Trump, supaya lebih dialogis untuk mendapatkan solusi politik.

Ucapan Xi muncul di tengah meningkatnya ketegangan menyusul pengumuman Pyongyang bahwa mereka berencana untuk menembakkan rudal balistik ke Guam.

Dari Jepang :

Otoritas pertahanan Jepang memasang senjata pencegat rudal Korut yang akan ditembakkan ke wilayah Guam Pasifik AS.

Korea Utara mengatakan rudal balistiknya akan terbang di atas 3 prefektur Jepang Shimane, Hiroshima dan Kochi sebelum mendarat di perairan lepas Guam.

Ini menyusul stetmen Pyongyang yang akan melakukan tindakan gila itu pertengahan bulan ini.

Angkatan Udara Jepang sudah siap menyoapkan alat pencegat PAC3, Sabtu di 3 prefektur dan di dekat Ehime Prefecture.

Pasukan Bela Diri meningkatkan pemantauan Korea Utara secara bersamaan. Juga mengirim sebuah kapal ke Laut Jepang. (ling)

Komentar

Komentar