Home Breaking News Peraih Nobel : Abu Liu Xiaobo Disebar Keluarganya ke Lautan

Peraih Nobel : Abu Liu Xiaobo Disebar Keluarganya ke Lautan

165
Peraih nobel China, Liu Xiaobo. foto bbc.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Saudara laki-laki almarhum peraih Nobel Perdamaian, Liu Xiaobo telah menyemayamkan abunya jenazahnya ke laut lepas.

Liu Xiaoguang berbicara di sebuah konferensi pers yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Shenyang di timur laut China pada hari Sabtu.

Liu Xiaobo meninggal karena beberapa kegagalan organ terkait kanker hati di sebuah rumah sakit pada hari Kamis kemarin.

Dia dianugerahi Hadiah Perdamaian 2010 sementara dipenjara karena perjuangan kerasnya melawan hak asasi manusia di China.

Saudara Liu mengatakan perawatannya di rumah sakit dan proses jenazahnya sesuai keinginan keluarganya, dan berulang kali mengucapkan terima kasih kepada pemerintah China.

Namun, pertanyaan oleh para wartawan tidak diijinkan, dan saudara Liu meninggalkan ruang konferensi tanpa menanggapi seorang reporter yang bertanya apakah kata-katanya keluar dari hatinya.

Pemerintahan Persiden China, Xi Jinping mendapat serangan internasional termasuk AS mengenai penanganan Liu Xiaobo, selama menjalani tahanan hingga jatuh sakit.

Dengan meminta anggota keluarga secara terbuka menyatakan penghargaan atas cara pemakamannya dikelola, pihak berwenang China diyakini berusaha menolak kritik internasional. (nhk/oca)

Komentar

Komentar