Home Breaking News Pengusaha Sebut Tidak Ada Anak Muda Mimpi Jadi Petani

Pengusaha Sebut Tidak Ada Anak Muda Mimpi Jadi Petani

171
Petani sedang memberik pupuk padi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Mengingat rata-rata petani saat ini telah berusia di atas 50 tahun, jarang sekali anak muda memiliki niat untuk bertani karena rasa gengsi yang tinggi dan menganggap bertani itu adalah profesi yang paling rendah.

Oleh karen itu, Pelaku Usaha Pangan dan Pertanian, Nur Iswan meminta kepada pemerintah untuk memikirkan kesejahteraan para petani. Jika para Petani mendapatkan kesejahteraan maka bisa meningkatkan produktivitas sehingga panen bisa melimpah.

“Sekitar 40% petani kita sekarang di atas 50 tahun. Di Indonesia, tidak ada anak muda berminat jadi petani. Tidak ada yang punya mimpi jadi petani,” tegasnya dalam Diskusi Beras Jadi Komoditas Strategis, ditulis pada Minggu (10/9/2017).

Menurutnya, ini adalah tugas pemerintah untuk membangun rasa kebanggaan bahwa menjadi petani bisa sejahtera hidupnya. Salah satunya dengan kebijakan yang menguntungkan para petani.

“Harus dibangun prestise. Bekerja di sektor pertanian, prestisius tapi sejahtera. Di Amerika Serikat dan Brasil saja kalau lihat petaninya sehat, gagah, dan punya mobil ya sekelas Fortuner,” ujarnya.

Ia mengatakan, apabila petani hidup sejahtera, maka produktivitas mereka akan meningkat. Hal ini diperlukan mengingat jumlah penduduk akan terus bertambah, dan berimbas pada peningkatan konsumsi pangan.

“Kalau di hulunya tidak dibenahi, bagaimana kita bisa memenuhi permintaan konsumsi pangan yang melesat tinggi. Ini tugas pemerintah, dan semua pihak untuk mensejahterakan petani sehingga ikut mengerek produksi pangan, termasuk beras,” harapnya. (pemi)

Komentar

Komentar