Home Breaking News Peneliti : Rudal Korea Utara Capai Pangkalan Militer AS

Peneliti : Rudal Korea Utara Capai Pangkalan Militer AS

260
Diluncurkan Rudal Balistik AS yang diklaim Pentagon sukses, Photo voa.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sebuah tim peneliti AS telah memperingatkan bahwa Korea Utara mengembangkan rudal berkemampuan hebat mengirimkan hulu ledak nuklir ke sasaran seperti pangkalan militer di sepanjang pantai barat AS dalam waktu 2 tahun.

Pada hari Senin, para periset di Universitas Johns Hopkins merilis sebuah laporan tentang pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara tersebur.

Sebelumnya Korut Utara mengatakan pihaknya berhasil menguji coba peluncuran rudal balistik antar benua, Hwasong-14, pekan lalu.

Laporan tersebut mengatakan rudal tersebut memiliki kemampuan menempuh jarak hingga 8.000 kilometer hingga bisa menjangkau Alaska dan Hawaii.

Laporan itu bahwa 1 atau 2 tahun Korut akan menambah Rudal Hwasong-14 akan memberikan 1 hulu ledak nuklir ke target di sepanjang pantai barat AS.

Laporan tersebut mengatakan mungkin cukup akurat untuk menghancurkan target militer lunak seperti pangkalan angkatan laut.

Laporan juga mengatakan Korea Utara dapat mengembangkan kemampuan meluncurkan rudal jarak jauh pada tahun 2030 dengan membuat setiap hulu ledak lebih kompak.

Para periset menyerukan percepatan pengembangan sistem pertahanan rudal AS, menunjukkan bahwa program uji coba pencegat itu gagal.

Sebelumnya, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan jajaran telah merayakan keberhasilan ujicoba rudal balistik antar benua baru-baru ini.

Kim menyatakan Selasa pekan lalu bahwa peluncuran rudal Hwasong-14 adalah hari yang sukses. (nhk/oca)

Komentar

Komentar