Home METRO Daerah Pencairan Dana Bantuan Untuk Desa Cirebon Ditunda

Pencairan Dana Bantuan Untuk Desa Cirebon Ditunda

118
Ilustrasi, (Foto: istimewa)

CIREBON, CITRAINDONESIA.COM- Dana bantuan gubernur untuk desa di Jawa Barat yang setiap tahunnya dicairkan sebesar Rp100 juta, untuk tahun 2016 ini tidak ada kejelasan. Menurut Kepala Desa Sumur Kondang Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, Heriyanto, mengatakan, pihaknya mendapatkan surat edaran dari BPMPD Kabupaten Cirebon mengenai penundaan pencairan dana tersebut.

“Surat tersebut dari BPMPD Provinsi yang disebarkan oleh BPMPD Kabupaten. Isinya tentang penundaan pencairan dana bantuan gubernur,” kata Heriyanto di Cirebon, Senin (14/3/2016)

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) Cirebon, Carkim, mengaku sudah melakukan audiensi dengan BPMPD Provinsi Jawa Barat 10 Maret 2016 yang dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Desa se-Jawa Barat.

“Dalam pertmuan tersebut, disampaikan bahwa penundaan pncairan bangub tersebut, karena dananya digunakan untuk membuat Jalan Tol, Jati Gede dan kegiatan PON,” ujar Carkim.

Namun menurut Carkim, penggunaan dana bantuan gubernur untuk kegiatan tersebut sangat mengecewakan pemerintah desa. Apalagi, sebenarnya bantuan gubernur yang biasanya digunakan untuk pembangunan infrastukrur tersebut, sudah masuk dalam rencana pembangunan desa.

“Kami itu sudah mengalokasikan dana tersebut untuk pembangunan infrastuktur. Sehingga kalau tidak cair, maka kita akan kesulitan merealisasikan rencana pembangunan tersebut,” kata Carkim.

Menurut Carkim, seharusnya dana bantuan gubernur untuk desa, jangan sampai dikorbankan untuk pembangunan lainnya. Apalagi, Presiden sendiri sangat mengintruksikan untuk pengembangan desa. (yoh)

Komentar

Komentar