Home Breaking News Pemerintah – PT Freeport Indonesia Bahas Penerimaan Negara

Pemerintah – PT Freeport Indonesia Bahas Penerimaan Negara

1791
Tambang PT Freeport Indonesia, (Foto: istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemerintah – PT Freeport Indonesia tengah membahas potensi penerimaan negara di pusat maupun untuk jatah daerah.

“Sekarang ini Kementerian Keuangan, yaitu mengenai perpajakan, baik untuk pemerintah pusat maupun pungutan-pungutan yang ada di daerah,” ujar Rini saat ditemui di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Namun Rini belum bisa menjelaskan angkanya karena sekarang tengah dalam pembahasan.

Untuk keputuhan tentang divestasi 51 persen saham perusahaan tambang emas terbesar di dunia berlokasi di papua itu diharapkan bisa seleasai pada Triwulan pertama tahun 2019.

“Divestasinya kami tekankan selesai Kuartal I-2019,” jelas Rini seraya mengatakan “Intinya, saat ini masih tahap negosiasi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, usai mendapatkan kepastian tentang pembangunan smelter dan komitmen divestasi 51 persen, pemerintah fokus berunding pada isu kepastian investasi dan penerimaan negara.

Menkeu menyebutkan, pada dasarnya ada 4 area paket perundingan antar pemerintah dan Freeport, yakni pembangunan smelter, komitmen divestasi 51 persen saham, kepastian investasi dan penerimaan negara, serta perpanjangan operasi.

“Soal kepastian investasi dan penerimaan negara merupakan lead dalam hal perundingan dengan Freeport. Kami melakukan formulasi berdasarkan Pasal 128 UU Minerba,” kata Menkeu kepada Antara beberapa waktu lalu. (friz)

Komentar

Komentar