Home Breaking News Pemerintah Impor Beras 500.000 Ton Tahun 2018

Pemerintah Impor Beras 500.000 Ton Tahun 2018

68
Beras import Kamboja.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Akhirnya beleid harga beras itu terjawab sudah. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengumumkan mengizinkan importasi beras khusus 500.000 ton dari Vietnam dan Thailand.

‘Kami berikan izin impor beras khusus yang tidak diproduksi di Indonesia di dalam negeri. Kami tak mau mengambil resiko kekurangan beras di Indonesia’, ujar Enggar konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (11/1/2018) yang dihadiri asosiasi peritel Indonesia.

Yang mengimpor beras tersebut adalah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI. Dan dia berharap harga beras di dalam negeri stabil. Izin impor itu payung  hukum yakni Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 1 Tahun 2018. Dan petugas kata dia akan diterjunkan ke lapangan untuk memonitornya di lapangan.

Sebelumnya, Wapres Jusuf Kalla memang sudah memberikan green light untuk importasi beras tersebut kendati para petani di dalam negeri menolak keras karena sedang panen raya.

‘Beras yang diimpor itu adalah beras khsus, tapi yang naik harga beras medium di atas HET Rp9.450/Kg. Jadi kurang nyambung dengan kebijakan importasi beras khusus tersebut. Dan merusak rekor nihil impor selama beberapa tahun terakhir’, ujar Ny Meliana, ibu rumah tangga, Kamis malam. (dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar