Home Breaking News Pemerintah Diminta Tuntaskan Kasus Pekerja Asing Ilegal

Pemerintah Diminta Tuntaskan Kasus Pekerja Asing Ilegal

140
Tenaga Kerja Tiongkok Mulai Banjiri Sulawesi Tenggara, (Foto: www.eramuslim.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemerintah diminta serius merespons laporan masyarakat tentang banyaknya pelanggaran yang dilakukan warga negara asing (WNA) di Tanah Air, terutama yang datang dari China.

banyaknya laporan tersebut ditengarai akibat kebijakan pemerintah menerbitkan kebijakan bebas visa, sehingga dengan mudah WNA memasuki Indonesia.

“Pemerintah harus merespons serius kekhawatiran dan keresahan masyarakat dengan menimbang secara cermat antara target yang ingin dicapai dan ekses negatif dari kebijakan tersebut,” kata Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Beberapa laporan terkait pelanggaran WNA di antaranya adalah bekerja secara ilegal di proyek-proyek yang dibiayai investor dari Tiongkok, dan menjadi petani di Bogor yang menanam cabai mengandung bakteri berbahaya. Meski hanya memegang visa wisata.

Selain itu, ada fenomena munculnya bendera-bendera asing yang bukan pada tempatnya di beberapa wilayah di Indonesia, antara lain di Bali.

Jazuli menegaskan, peristiwa-peristiwa itu menjadi catatan yang kesekian kalinya yang dilakukan WNA dengan memanfaatkan kebijakan pemerintah memberikan bebas visa, dan harus diusut tuntas. (man)

Komentar

Komentar