Home Breaking News Pembangunan Infrastruktur Tidak Lepas Dari SDM Terlatih

Pembangunan Infrastruktur Tidak Lepas Dari SDM Terlatih

176
Presiden Jokowi berfoto bersama Tenaga Kerja Konstruksi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (19/10). (Foto: setkab)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa, semua infrastruktur yang diperlukan rakyat tidak akan terbangun dengan sendirinya. Dibalik itu, ada kontribusi yang besar dari SDM-SDM, dari sumber daya manusia yang andal, yang terampil, dan yang terlatih.

“Ini artinya, pembangunan infrastruktur itu bukan hanya membutuhkan tenaga konstruksi dalam jumlah yang besar, tapi kita juga perlu menyiapkan tenaga kerja konstruksi yang terlatih, yang terampil, yang bersertifikat,” ujar Jokowi saat meresmikan Pembukaan Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Secara Serempak di Seluruh Wilayah Indonesia Tahun 2017, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Sesuai laporan Menteri PUPR, menurut Presiden Jokowi, ada 7 juta tenaga konstruksi di seluruh Indonesia, baik yang bekerja di pemerintah, di BUMN, dan di swasta. Dari 7 juta yang ada, yang bersertifikat baru 9%, baru kira-kira 600.000. “Artinya, masih sedikit sekali yang pegang sertifikat,” ujar Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, Presiden menilai, sangat beruntung sekali yang sudah pegang yang sertifikat tenaga kerja konstruksi Indonesia. Ini akan meningkatkan kualitas-kualitas SDM.

“Kita menjadi tahu bagaimana manajemen proyek di sebuah lokasi, bagaimana mengatur mengelola keselamatan, bagaimana mengatur mengelola kebersihan dari lokasi-lokasi proyek yang ada, bagaimana memasang bahan-bahan sehingga betul-betul tepat dan presisi sesuai yang dibutuhkan oleh proyek,” jelas Presiden Jokowi.

Percepatan sertifikasi tenaga konstruksi ini diikuti peserta berjumlah 9.700 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan rincian, tenaga terampil 9.045 (tukang, mandor, surveyor, instruktur, dll) dan 655 tenaga ahli (ahli di bidang K3, manajemen proyek, dan manajemen konstruksi). (pemi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar