Home Breaking News Pasca Referendum, Ribuan Orang Serukan Spanyol Bersatu

Pasca Referendum, Ribuan Orang Serukan Spanyol Bersatu

295
Referendum Catalonia Spanyol.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ribuan orang menyerukan persatuan Spanyol. Mereka berdemonstrasi di ibukota Madrid setelah referendum yang disengketakan Minggu llau untuk kemerdekaan Catalan atau Catalonia.

Demonstrasi lainnya termasuk di kota Catalan, Barcelona – juga telah mendesak dialog politik.

Para pemrotes berpakaian putih berkumpul menyerukan “Spanyol lebih baik dari pada pemimpinnya” dan “mari kita bicara”.

Bisnismen terus mengumumkan keberangkatan mereka dari wilayah Catalan di tengah ketidakpastian politik yang sedang berlangsung.

Yayasan Caixa, mengendalikan salah satu bank terbesar di Spanyol memindahkan markasnya ke Palma de Mallorca terkait krisis itu.

Keterangan media, hasil akhir dari jajak pendapat tersebut menunjukkan 90% dari 2,3 juta orang yang memilih, mendukung kemerdekaan

Spanyol sedang menunggu pidato Presiden Catalan Carles Puigdemont, Selasa depan di tengah spekulasi bahwa dia akan mengumumkan kemerdekaan.

Perwakilan pemerintah Spanyol di Catalonia meminta maaf pada hari Jumat kepada orang-orang yang terluka akibat kejamnya polisi untuk menghentikan referendum tersebut, namun menyalahkan pemerintah Catalan, melakukan pemungutan suara secara ilegal.

Enric Millo mengatakan bahwa dia tidak bisa tidak “menyesalinya dan meminta maaf atas nama petugas yang melakukan intervensi”.

Sekedar tahu, hampir 900 orang terluka karena kekerasan polisi, yang kasusnya kini bergulir ke pengadilan di Spanyol, namun belum divonis.

Raja Spanyol, Felipe VI, sebelumnya menegaskan bahwa referendum itu illegal, dan harus dihentikan. (dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar