Home Breaking News Pasar Bebas IE-CEPA Diharapkan Segera Disepakati

Pasar Bebas IE-CEPA Diharapkan Segera Disepakati

529
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenperin)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemerintah berharap kerjasama perdagangan bebas Indonesia – European Free Trade Association – Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) segera disepakati.

“Hingga saat ini sudah mencapai perundingan ke-13, yang diharapkan agreement bisa dicapai sebelum perundingan ke-17,” ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Harjanto, usai bertemu dengan 35 delegasi Swiss yang di antaranya para pelaku usaha di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 14 Juli 2017.

Dalam isu trade in goods di IE-CEPA, kata Airlangga, Indonesia telah meminta pengecualian pengenaan price compensation measures (cukai tambahan) yang cukup tinggi untuk produk-produk makanan.

Isu lainnya, Indonesia akan memberikan regulasi lebih fleksibel terkait ketentuan lisensi wajib untuk mengakomodir keinginan EFTA.

Sementara itu, dalam isu cooperation and capacity building, Indonesia tentunya menginginkan agar kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Karenanya, kedua pihak perlu mencari common interest utamanya yang terkait dengan kerja sama yang menjadi faktor pendorong.

“Misalnya di dalam mengembangkan kemampuan ekspor, value chain di bidang manufaktur, dan pendidikan vokasi,” jelasnya. (linda)

 

Komentar

Komentar