Home Breaking News Pantau Sembako, Mentan dan Mendag Blusukan ke Pasar

Pantau Sembako, Mentan dan Mendag Blusukan ke Pasar

270
Pantau Sembako, Mentan Andi Amran Sulaiman dan Mendag Enggartiasto Lukita saat Blusukan ke Pasar, di Jakarta, Kamis (13/4/2017). Foto: Ning/CITRAINDONESIA.COM

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Pertanian (Mentan) bersama Menteri Perdagangan (Mendag) mengadakan kunjungan kerja ke beberapa pasar seperti Pasar Senen, Pasar Rawamangun, dan Pasar Cipinang guna memantau harga dan pasokan komoditas seperti beras, daging, telur dan sayur mayur.

“Untuk Cabai sebelumnya harga mencapai Rp 160.000/Kg namun saat ini harganya sudah Rp 40.000/Kg bahkan ada yang Rp20.000/Kg,” ungkap Mentan Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (13/4/2017).

Amran juga menyampaikan bahwa pasokan beras saat ini digudang ada sekitar 2 juta ton lebih sehingga dapat dipastikan akan memcukupi kebutuhan nasional dalam 10 bulan kedepan.

“Saat ini stok ada 2 Juta Ton bisa mencukupi dalam 8-10 bulan kedepan dan dipastikan untuk bulan ramadhan dan puasa pasokan tercukupi,” jelas Mentan Amran.

Mentan juga menyampaikan harga kebutuhan pokok saat ini sudah relatif turun. Harga cabai rawit merah yang sebelumnya melambung tinggi di awal tahun saat ini sudah turun.

Harga saat ini relatif rendah juga terjadi pada komoditas bawang merah. Bahkan di tingkat petani harganya di kisaran Rp 8 ribu/Kg.

“Stok bawang merah saat ini sudah aman, produksinya juga aman. Harga di Tulungagung harganya Rp 8.000/Kg sampai petani menahan stok dan tadi di pasar Rp 25.000- 30.000/Kg,” ungkap Amran.

Memurut Amran pasti terdapat perbedaan harga yang cukup jauh pada dari bawang merah di tingkat petani ke tingkat pedagang untuk itu harus di potong mata rantainya agar dapat meminimalisir perbedaan harga tersenut.

“Gula stok kita saat ini ada 360 ribu ton, daging 40 ribu ton, cabai aman, harga ayam sudah relatif rendah dan Harga telur dulu Rp 24.000/Kg tapi tadi Rp 19.000/Kg,” tutup Amran.

Hal tersebut juga senada dengan yang disampaikan Mendag Enggartiasto Lukita, dirinya menyebutkan bahwa pasikan beras akan aman dan dipastikan tidak akan terjadi lonjakan harga saat lebaran.

“Yang diutamakan pasar rakyat, kita keliling untuk meninjau langsung dari segi harga dan pasokan dilapangan dan dan insyaallah untuk Idul Adha dan Lebaran dipastikan aman,” tambah Mendag Enggar. (Ning)

Komentar

Komentar