Home Breaking News Panglima TNI Janjikan Babinsa Olah Kelapa Bernilai 10 Kali Lipat

Panglima TNI Janjikan Babinsa Olah Kelapa Bernilai 10 Kali Lipat

190
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat acara MoU dengan Kementerian Desa dan Pihak BCA, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2017).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berjanji mendorong Babinsa untuk mengolah produk kelapa jadi bernilai tinggi hingga mencapai 10 kali lipat.

“Saya berjanji dalam waktu dekat ini Babinsa akan bekerja sama dengan Kementerian untuk mengolah kelapa, selama ini kelapa kan hanya untuk kopra saja, padahal kelapa itu kalau di urai dari sabut, tempurung, kelapa, dan airnya, harganya besar bisa 10 kali lipat,” kata Panglima TNI Gatot, usai MoU dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Tertinggal (Kemen DPDTT) dan BCA, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (12/4/2017).

Panglima TNI mengatakan, hal tersebut akan digerakkan di daerah-daerah yang banyak kelapanya, yakni dari Sabang sampai Merause, khususnya daerah pinggiran pantai. Sehingga diharapkan kelapa bukan hanya sebagai kopra.

“Airnya pun bisa dibuat sirup yang tidak pakai pengawet dan bisa 10 tahun, sudah ada teknologinya, tempurungnya karbon, pasarnya sudah ada di Timur Tengah Dubai, belum lagi minyak santannya, sabutnya bisa digunakan seperti karpet, bisa macam-macam,” tuturnya.

Namun, dalam mengolah produk kelapa tersebut diperlukan teknologi tepat guna yang bisa di sosialisasikan ke daerah-daerah, kemudian diangkut. Sehingga, hal ini kata Panglima TNI akan berkaitan dengan apa yang disampaikan dengan tol laut oleh Presden Joko Widodo (Jokowi).

“Tol laut tanpa ini tidak akan berhasil, karena misalnya dari Jawa, Surabaya, bawa barang 9 pokok ke Merauke, pulang kosong, kalau ini ada bisa pulang membawa bahan-bahan ini semuanya. Jadi, pulang pergi isi, jadi inilah tol laut yang sebenarnya,” tutupnya. (pemi)

Komentar

Komentar