Home Breaking News Optimalisasi Pajak, Banyuwangi Gandeng Kominda

Optimalisasi Pajak, Banyuwangi Gandeng Kominda

807
Pembekalan komunitas intelejen daerah (Kominda) di Kabupaten Banyuwangi. Foto: Surya.

BANYUWANNGI, CITRAINDONESIA.COM- Dalam meningkatkan pendapatan pajak, Pemkab Banyuwangi mengajak ‎komunitas intelijen daerah (Kominda) yang beranggotakan unsur itelejen dari Badan Intelejen Negara (BIN), TNI, Polisi, Kejaksaan, Bea Cukai, Imigrasi, dan unsur terkait lainnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, keamanan bukan hanya tentang polhukam (politik, hukum, dan keamanan), melainkan ekonomi masyarakat juga berpengaruh. Peningkatan kesejahteraan ‎salah satunya dari pendapatan pajak, yang peruntukannya juga untuk rakyat.

“Pendapatan pajak kini tidak hanya tanggungan dari Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) saja. Tapi kami akan ajak dari kepolisian, kejaksaan, dan unsur Kominda lainnya untuk turut bersama meningkatan pajak. Untuk awal mungkin di kecamatan yang besar dulu,” kata Anas, usai menghadiri pembekalan Kominda, seperti diberitakan Surya Senin (20/3/2017).

Anas mengatakan pajak di Banyuwangi memang belum optimal. Banyak bidang usaha yang ramai, namun sedikit membayar pajak. “Ada waralaba membayar pajak Rp 50 juta perbulan. Tapi ada rumah makan yang ‎lebih ramai, hanya membayar Rp 300.000 perbulan,” kata Anas.

Tidak hanya itu, Banyuwangi juga akan menertibkan pajak dari homestay yang kini banyak tumbuh di Banyuwangi seiring dengan perkembangan pariwista yang pesat.

Anas mengatakan, Banyuwangi telah menerapkan tax monitor yang membuat peningkatan pendapatan pajak signifikan. Namun masih banyak wajib pajak yang belum optimal. (*)

Komentar

Komentar