Home METRO Daerah Operasi Pasar Bulog Ciamis Sepi Pengunjung

Operasi Pasar Bulog Ciamis Sepi Pengunjung

296
Operasi pasar Bulog Ciamis, (Foto: Tantan/citraindonesia.com).

CIAMIS, CITRAINDONESIA.COM- Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Ciamis menggelar operasi pasar guna menjaga stabilitas harga bahan pokok. Terutama beras dan daging selama bulan Ramadhan. Sejak dilaksanakan beberapa waktu lalu untuk penjulanan daging sapi murah di Ciamis belum terserap maksimal dibanding dengan daerah Tasikmalaya dan Garut.

“Berdasarkan instruksi pusat, Bulog harus segera melaksanakan operasi pasar untuk menstabilkan harga pokok. Di wilayah kerja Bulog Sub Divre Ciamis dilaksanakan di tiga tempat yakni di Kantor Ciamis, di Tasikmalaya tepatnya di Pasar Murah selama dua pekan, dan di Gudang Bulog Garut,” kata Kepala Bulog Sub Divre Ciamis Cecep Panji Nadya, di kantor Bulog, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (12/6/2016).

Ia mengatakan, komoditi yang dijual berupa beras cadangan pemerintah kualitas medium dengan harga Rp7.900 per kilogram dan daging sapi dengan harga Rp80.000 per kilogram. Ada pun beberapa jenis bahan pokok lainnya yang menyusul seperti gula pasir, minyak dan bawang.

“Masyarakat cukup antusias, berapapun permintaan masyarakat kita menyediakan. Operasi pasar murah ini dilaksanakan sampai menjelang idul Fitri supaya ketersediaan cukup tersedia. Daya beli terjangkau sehingga harga kemungkinan akan stabil,” katanya.

Panji menilai, sejak dilaksanakan pekan lalu secara keseluruhan daging sapi murah sudah habis sekitar 4 kuintal dan beras mencapai 2 ton. operasi pasar murah tersebut sudah diinformasikan kepada seluruh masyarakat melalui Dinas perdagangan dan perindustrian di setiap daerah.

“Untuk daerah lain daging sapi Murah diserap secara maksimal, tetapi di Ciamis tidak terlalu signifikan karena diperkirakan daya beli masyarakat Ciamis tergolong cukup rendah meskipun dengan harga daging hanya Rp80.000 tetapi untuk berpendapatan rendah masih terbilang mahal,” ungkapnya.

“Selama operasi pasar murah berlangsung tidak ada pedagang yang merasa keberatan. akan tetapi masyarakat diberikan pilihan mau daging dengan harga Rp80.000 ada di Bulog dan Untuk yang Rp120.000 ada di Pasar,” pungkas Panji. (tan)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar