Home KESRA kesehatan Olahraga Teratur Naikkan Kolesterol Baik

Olahraga Teratur Naikkan Kolesterol Baik

158
alan kaki menjadi salah satu olah raga yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Waspadalah, kolesterol ‘jahat’ atau LDL yang berlebihan dalam tubuh dapat membawa Anda ke berbagai penyakit. Misalnya, stroke dan serangan jantung. Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab utama.

Dr Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA melalui klikdokter menjelaskan, untuk meningkatkan kadar kolesterol ‘baik’ atau HDL, salah satu caranya adalah dengan olahraga teratur. Tak perlu olahraga yang berat. Olahraga ringan juga memiliki efek yang baik, seperti jalan kaki atau jogging selama 30 menit per hari, paling sedikit 5 kali seminggu.

Jalan kaki atau jogging adalah bagian dari rekomendasi American Heart Association untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Aktivitas ini termasuk praktis karena bisa dilakukan kapan pun, bahkan di sela-sela pekerjaan kantor.

Selain itu, untuk penanganan kolesterol tinggi, National Committee Education Program-Adult Treatment Panel menganjurkan untuk menjadikan jalan kaki sebagai rutinitas sehari-hari.

Karena itu, sediakanlah waktu setiap hari untuk olahraga ringan. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa membaginya menjadi dua sesi, masing-masing lima belas menit.

Anda juga bisa memilih berjalan kaki menaiki tangga daripada menggunakan eskalator dan lift. Atau, memarkir kendaraan agak jauh dari tempat tujuan agar bisa jalan kaki.

Dengan olahraga ringan tersebut, diharapkan kadar kolesterol ‘baik’ Anda akan meningkat. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola makan yang sehat. Yuk, lakukan mulai sekarang! (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar