Home Breaking News Nawas Sharif Tersengat Panama Papers

Nawas Sharif Tersengat Panama Papers

118
Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Perdana Menteri Pakistan, Nawas Sharif tersengat Panama Papers. Dia langsung membantah punya bisnis kotor dan money loundring sesuai data firma hukum Panama Mossack Fonseca.

“(Panama Papers) menargetkan saya dan keluarga saya untuk tujuan politik mereka,” ujar Sharif, Jumat (21/4/2017).

Sebelumnya Panama Paper,  membeberkan kekayaan Sharif ke publik sehingga membuat politik Pakistan gonjang-ganjing.

Pada November lalu, kata keluar Sgharif, kepada Mahkamah Agung bahwa properti miliknya di London, Inggris dibeli dari penguasa Qatar.

Perdana menteri menuding kebocoran data tersebut hasil karya orang-orang tak senang dengan dirinya.

Sebelumnya, ada 11 juta dokumen dipegang Panama Mossack Fonseca mengidentifikasi para pemimpin politik dunia berbisnis di seluruh dunia, baik sektor sektor perbankan hingga perusahaan minyak lepas pantai.

Di antaranya adalah keluarga perdana menteri Pakistan. Mahkamah Agung Pakistan yang sekarang memerintahkan penyelidikan atas urusan itu.

Perusahaan-perusahaan diidentifikasi sejauh ini mencakup tiga perusahaan berbasis Kepulauan Virgin Inggris Nescoll Ltd, Nielsen Enterprises Ltd dan Hangon Property Holdings Ltd, masing-masing didirikan pada tahun 1993, 1994 dan 2007.

Perusahaan-perusahaan ini terbiasa menyalurkan dana untuk mengakuisisi aset asing, termasuk apartemen Park Lane di kawasan Mayfair, London.

Para pejabgt diduga sembunyikan kasil kejahatan atau money  loundring untuk menghindari pajak. (ling)

Komentar

Komentar