Home Breaking News Musisi Legendaris Chuck Berry, Tutup Usia 90 Tahun

Musisi Legendaris Chuck Berry, Tutup Usia 90 Tahun

332
Legenda musik rock 'n' Chuck Berry pergu untuk selamanya. (AP)

AS, CITRAINDONESIA.COM- Musisi legendaris Afrika-Amerika yang juga ikon rock ‘n’ roll Amerika, Chuck Berry, tutup usia 90 tahun.

“Dia salah satu dari raja rock ‘n’ roll Amerkka,” ujar voa seperti dilansir Minggu (19/7/2017).

Musisi legendaris Afrika-Amerika, asal St. Louis, Missouri tampil pertama kalinya saat bersekolah di SMA.

Sejak itu, ia menempa hidupnya termasuk tiga tahun dalam sekolah reformasi, 20 bulan di penjara, dan puluhan tahun di bawah lampu sorot, menjadi pionir bentuk musik yang selalu diasosiasikan dengan musik Amerika.

Charles Edward Anderson Berry, yang populer dengan panggilan akrab Chuck, dengan lagu-lagu hit tahun 1950-an seperti Maybellene, Roll Over Beethoven, Sweet Little Sixteen, dan Johnny B. Goode.

Lagu-lagu single nya – kombinasi revolusioner antara musik pop, country, dan blues – menjadi lagu-lagu hits di aula-aula SMA dan klub-klub musik di seluruh Amerika.

Gaya bermusiknya mendorong lahirnya masa remaja Amerika, yang diwarnai oleh hormon, energi, dan optimisme.

Pengaruh;

Lagu hit Chuck Berry, Maybellene, adalah versi musik rock ‘n’ roll dari lagu country berjudul Ida Red.

Berry menulis dalam sebuah buku kenangan penerbit lagunya, Chess, “tidak percaya kalau … lagu orang udik dapat ditulis dan dinyanyikan oleh seorang pria berkulit hitam.”

Musiknya mempengaruhi sebagian besar musisi pop yang muncul setelahnya, termasuk legenda-legenda musik terkenal seperti, the Rolling Stones, the Beach Boys, dan the Grateful Dead.

Merujuk pada Chuck Berry di pertengah 1980-an, salah satu personel Rolling Stone, Keith Richards dalam candaannya yang terkenal mengatakan, “Saya telah mencuri setiap improvisasi gitar yang pernah ia mainkan.” (*/oca)

Komentar

Komentar