Home Breaking News MUI Angkat Bicara Soal Kasus Nikah Siri

MUI Angkat Bicara Soal Kasus Nikah Siri

170
Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: Suara Islam)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya angkat bicara soal anjuran Nikah Siri oleh sebuah situs online. Soal MUI sendiri tidak pernah seseorang Warga Negara Indonesia untuk menikah siri.

“MUI mengimbau masyarakat menikah resmi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Wakil Ketua MUI, Zainut Tauhid Saadi di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Zainut memastikan nikah siri meski sah secara agama, tetapi illegal secara hukum negara RI. Jadi jelas itu tidak kekuatan hukum tetap Indonesia.

Dia juga menilai pernikahan siri ini telah banyak menimbulkan dampak sosial yang negatif. Khususnya bagi si istri dan anak yang dilahirkannya setelah nikah siri. Kerap terabaikan hak-hak si anak seperti nafkah dan hak warisan kelak.

Padahal kata dia, sebuah pernikahan sangat sakral. MUI menilai tujuan nikah itu juga luhur dan mulia nilainya.

Jadi nkah itu mengangkat harkat dan martabat seseorang serta tidak sekedar untuk mengumbar nafsu atau pemenuhan naluri seksual saja.

“Pernikahan merupakan ini institusi sakral dan harus dijaga. Tidak boleh direndahkan dan dijadikan sebagai komoditas perdagangan semata. Jika hal itu terjadi maka sama halnya merendahkan nilai-nilai kemanusiaan,” pungkasnya. (mulia)

 

Komentar

Komentar