Search
Wednesday 17 December 2014
  • :
  • :

MSH: Mamfaatkan Peluang Asean Economic Community 2015

Menteri MSH didapingi Wamenperin Alex retraubun, pada pemaparan kinerja 2012.

Menteri MSH didapingi Wamenperin Alex retraubun, pada pemaparan kinerja 2012.

CitraIndonesia.Com: Menteri Perindustrian MS Hidayat yakin Indonesia mampu bersaing dengan negara Asean lainnya pada Asean Economic Community 2015 jika memamfaatkan peluang yang ada.

Menurutnya ada beberapa peluang yang dapat dimamfaatkan Indonesia dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015.

“Salah satunya jumlah penduduk Asean yang mencapai 590 juta jiwa. Ini bisa dijadikan pasar yang sangat potensial,” katanya pada acara diskusi panel mengenai antisipasi pemberlakuan AEC 2015, di Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Mantan Ketua Kadin ini menambahkan, dengan pemberlakuan AEC 2015 memungkinkan terbentuknya joint venture dengan perusahaan Asean sehingga memudahkan akses bahan baku yang belum dapat dipasok dari dalam negeri.

Untuk itu sambungnya, pemerintah memprioritaskan sektor-sektor industri untuk dikembangkan dalam rangka mengisi pasar Asean seperti industri berbasis agro (Crude palm oil, kakao, karet), industri produk olahan ikan, industri TPT, industri alas kaki, kulit dan barang kulit, industri furniture, industri makanan dan minuman, industri pupuk dan petrokimia, industri mesin dan peralatannya, serta industri logam dasar, besi dan baja.

“Industri tersebut diprioritaskan untuk dikembangkan karena memiliki daya saing yang relatif lebih baik dibandingkan negara-negara Asean lainnya,” ujarnya.

Selain itu, upaya mengamankan pasar dalam negeri terhadap masuknya produk sejenis dari negara-negara Asean, lanjut Hidayat, adalah mengembangkan sektor-sektor industri otomotif, industri elektronika, industri semen, industri tekstil dan produk tekstil (TPT), industri alas kaki, industri makanan dan minuman serta industri furniture. (Iskandar)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *