Home Breaking News Misi Dagang Ke Rusia, Upaya Diplomasi Kelapa Sawit

Misi Dagang Ke Rusia, Upaya Diplomasi Kelapa Sawit

194
Minyak sawit. (Foto: Kompas)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menegaskan, misi Dagang ke Rusia ini juga dilakukan sebagai upaya diplomasi minyak kelapa sawit berkelanjutan Indonesia. Upaya ini telah dimulai sejak kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia tahun lalu untuk meningkatkan ekspor kelapa sawit berkelanjutan.

“Strategi pertumbuhan Indonesia selalu memperhitungkan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap lingkungan. Indonesia jelas mendukung ekspor kelapa sawit berkelanjutan,” tegas Mendag melalui siaran pers kepada citraindonesia.com, di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Mendag Enggar juga menekankan perlunya meningkatkan persepsi yang lebih positif terhadap kelapa sawit dari Indonesia. Ini dimaksudkan agar importir dan industri di Rusia dapat secara langsung memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai perkembangan industri sawit Indonesia dan potensi kerja sama dengan industri Rusia.

Selain memperkuat kerja sama perdagangan dan investasi yang telah dibangun sejak lebih dari 65 tahun silam, rangkaian kegiatan Misi Dagang Rusia juga dilakukan melalui Forum Bisnis Kelapa Sawit, Forum Bisnis Indonesia-Rusia, one-on-one business matching, serta kunjungan ke Paviliun Indonesia di Food City.

Langkah ini dilakukan agar lebih fokus dan terarah dalam mencari mitra dagang atau peluang bisnis. Beberapa kesepakatan di antara para pelaku usaha dan asosiasi kedua negara juga akan ditandatangani dan menandai jalinan kuat kerja sama perdagangan Indonesia-Rusia.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Rusia, Mendag Enggar juga dijadwalkan membuka Festival Indonesia secara resmi pada 4 Agustus 2017 petang waktu setempat di Hermitage Garden, Moskow, Rusia. Festival Indonesia diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72.

Festival Indonesia kali ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di Rusia dan merupakan ajang promosi Trade, Tourism and Investment (TTI) serta sosial budaya. Festival ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pariwisata. (pemi)

Komentar

Komentar