Home Breaking News Mercedes IAA Mobil Masa Depan!

Mercedes IAA Mobil Masa Depan!

95

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Mercedes-Benz tidak asal-asalan ketika hadir di Pameran Motor Frankfurt. Tahun ini, perusahaan mobil Jerman tersebut membuka selubung untuk lima model barunya: C-Class Coupe dan S-Class Cabrilet, masing-masing dengan sentuhan berbeda, dan sebuah karya seni modern, Concept IAA.

IAA jelas bukan dari Internationale Automobil-Ausstellung (nama resmi Pameran Motor Frankfurt) namun untuk Intelligent Aerodynamic Automobile atau Mobil Intelijen Aerodinamis.

Mobil ini mencerminkan obsesi Mercedes untuk mengakali angin. Bentuknya seperti coupe namun dengan empat pintu bercorak khas Mercedes CLS-Class.

Di bawah kecepatan 50 mph atau sekitar 80 km/jam, mobil ini semata-mata seperti kereta eksekutif yang indah. Tapi di atas kecepatan itu, bentuknya berubah dengan meregang untuk mencapai efek aerodinamis yang maksimal. Delapan unit di bagian belakang mengembang sehingga membuat mobil ini 15 inci atau 0,38 meter lebih panjang.

Di bagian depan, sayap di bumper memendek untuk meningkatkan alur angin di bawah badan mobil dan meneruskan langsung udara di roda depan.

Atap kaca IAA menggunakan teknologi canggih, dengan kompartemen untuk empat orang berkarakter kaca dan sinar biru yang lembut.

Mobil –dengan serangkaian sensor yang memungkinkan operasi otomatis- menggunakan mesin campuran bensin-listrik yang mampu menghasilkan kekuatan 275 tenaga kuda, cukup untuk mencapai kecepatan maksimal 155 mil/jam atau 249 km/jam.

‘Obsesi aerodinamis’

Satu-satunya aspek yang diragukan dari Mercedes Concept IAA adalah pernyataan bahwa coefficient of drag atau ukuran untuk aerodinamis sebesar 0,19 adalah pemecah rekor.

Jelas angka itu luar biasa, namun di kalangan mobi-mobil yang masih berupa konsep –termasuk untuk mobil empat pintu seperti IAA- sudah ada yang lebih baik.

Tahun 1980-an, misalnya, Ford membangun serangkaian mobil konsep Probe dan yang paling mengesankan adalah Probe IV tahun 1983, mobil empat pintu dengan coefficient drag 0,152 atau sama dengan pesawat tempur F-16, begitulah pernyataan pers Ford. Namun Concept IAA memiliki satu hal yang tidak ada di Probe IV, yaitu momentum.

Mercedes sudah membangun beberapa mobil dengan rancangan aerodinamis yang bagus dan terus bersemangat untuk membuatnya lebih baik.

Para ahli aerodinamisnya sudah mengembangkan 300 versi Concept IAA dan menggunakan hampir satu juta CPU untuk melakukan simulasi aliran angin.

Investasi waktu dan upayanya, kata Mercedes, “kira-kira setara dengan yang dibutuhkan untuk mengembangkan satu model produksi.”

Jadi tentu akan memalukan kalau semua upaya itu menjadi sia-sia? (bbc)

Komentar

Komentar