Home Breaking News Menu Ini Cocok Jadi Takjil Buka Puasa

Menu Ini Cocok Jadi Takjil Buka Puasa

360
Minuman dan Buah Kurma. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Selain untuk ibadah, bulan Ramadan juga identik dengan sajian berbagai makanan ringan yang beragam dan unik dari berbagai belahan nusantara yang dapat dijadikan sebagai takjil saat berbuka puas.

Makanan-makanan berbuka puasa atau yang disebut takjil ini biasanya dijual bebas di berbagai tempat, dari restoran, toko kue, sampai penjaja dadakan di pinggir jalan. Hal itu tentunya membuat puasa kita semakin menyenangkan.

Ketika saat sahur dan berbuka puasa, kita disambut dengan makanan dan minuman yang istimewa. Memang banyak sekali makanan khas yang mewarnai bulan suci Ramadhan.

Nah, berikut beberapa makanan dan minuman khas yang bisa jadi merupakan favorit bagi orang Indonesia saat bulan Ramadhan.

1. Kurma

Puasa identik dengan kurma. Buah ini seakan menjadi ‘primadona’ dan banyak dicari pada bulan Ramadhan. Buah ini juga tidak hanya manis dan nikmat saat dimakan, namun juah sangat banyak manfaarnya.

Makanan khas yang berasal dari timur tengah ini memiliki banyak manfaat antara lain untuk mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, menjaga kesehatan mata serta sebagai antioksidan yang cukup tinggi.

2. Kolak

Apa minuman favoritmu ketika berbuka puasa? Atau minuman yang paling kamu tunggu-tunggu? Salah satunya mungkin adalah kolak. Minuman yang satu ini memang erat kaitannya dengan menu buka puasa. Kolak memiliki rasa yang sangat manis, dan isinya bermacam-macam tergantung selera.

Umumnya kolak berisi pisang, ubi jalar dan bisa juga dikombinasikan dengan kolang-kaling atau roti. Rasanya yang manis membuat kolak sangat bagus jika dijadikan minuman berbuka puasa.

3. Es Blewah

Minuman khas Ramdhan yang sangat menyegarkan salah satunya adalah es blewah. Minuman ini sering dijadikan minuman segar yang dibuat oleh para keluarga ketika puasa.

Es blewah merupakan perpaduan antara air, es, buah blewah dan pemanis bisa berupa sirup, sehingga membuat minuman ini terasa segar dan manis. Tidak hanya segar, ia juga menyehatkan karena terdapat nutrisi, mineral kalium dan provitamin A di dalamnya.

4. Es Campur

Selanjutnya ada minuman segar Es campur, minuman ini sering kita jumpai di warung-warung sederhana.

Rasanya yang manis sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Biasanya di dalam es campur terdapat cendol, cincau hitam, kolang-kaling, santen, susu, dll.

5. Cendol

Ada lagi minuman segar khas bulan Ramadhan, yaitu Cendol. Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini sangat disukai banyak orang ketika berbuka puasa.

Cendol terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, gula merah dan es batu. Biasanya ia berwarna hijau putih.

Masih banyak lagi makanan dan minuman khas Ramadhan yang dapat kita jumpai di bulan tersebut. Makanan atau minuman mana yang menjadi favoritmu ketika bulan Ramadhan? Mungkin anda bisa menikmati semua menu dengan cara bergantian setiap harinya, pasi rasanya nikmat dan menyegarkan.

Komentar

Komentar