Home Breaking News Menteri Amran: Kita Ekspor 3 Juta Ton Jagung ke Malaysia!

Menteri Amran: Kita Ekspor 3 Juta Ton Jagung ke Malaysia!

185
Petani sedang membuat pipilan jagung kering. (Foto: Suwandi Citraindonesia)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Setelah sukses mengekspor Beras, kini ditargetkan Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertanian Malaysia bisa memproduksi 3 Juta Ton Jagung dari atas lahan 60,000 hektar setara nilai investasi Rp10-13 triliun dalam pembangunan sektor pertanian Jagung di wilayah perbatasan Entikong dan Serawak, Malaysia.

“Kerja sama itu nantinya Malaysia akan mengimpor dalam bentuk bibit jagung dari Indonesia. Bibit jagung tersebut nantinya akan ditanam di lahan seluas 60 ribu hektar milik Malaysia di daerah perbatasan dengan nilai kerjasama sekitar Rp10-13 Triliun,” ungkap Amran Sulaiman Menteri Pertanian Republik Indonesia di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Amran menjelaskan bahwa saat ini di Serawak sudah ada lahan 60 ribu hektar tersebut. Sementara pihak Indonesia masih kekurangan lahan hingga 700,000 hektar lagi.

Sayangnya, dirinya juga belum menyebutkan berapa jumlah bibit Jagung yang akan disiapkan untuk ditanam di wilayah perbatasannya itu. Namun yang jelas, bibitnya dia mengakui produksi 3 ton Jagung itu akan diekspor ke negara jiran itu.

“3 Juta Ton Jagung nantinya diperoleh dari lahan Indonesia di wilayah perbatasan. Namun untuk saat ini lahan yang dimiliki Indonesia di perbatasan baru ada 50 Ribu Hektar di Entikong, sementara untuk memenuhi kebutuhan jagung Malaysia sebanyak 3 Juta Ton setidaknya memiliki lahan seluas 700 Ribu Hektar,” paparnya.

Untuk itu menurut Amran, Indonesia harus mempunyai lahan di perbatasan tersebut selama tiga tahun agar bisa ekspor 3 juta ton jagung ke Malaysia.

“Target produksi jagung 3 tahun ke depan, permintaannya sudah bisa terpenuhi dari dalam Malaysia dan Indonesia. Indonesia harus terus memacu peningkatan lahan diperbatasn,” tutup Amran. (Ning)

Komentar

Komentar