Home Breaking News Mentan Optimistis Jagung Gorontalo Primadona Ekspor

Mentan Optimistis Jagung Gorontalo Primadona Ekspor

104
Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melakukan panen Jagung di Garut, Jabar, Rabu (23/3/2016). (Foto: Dok. Humas Kementan)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, optimistis Jagung petani Gorontalo menjadi primadona ekspor Indonesia ke mancanegara.

“Bismillahirrohmanirrohim, kita kirim 2.350 ton (jagung). Kami tahu Gorontalo juga sudah pernah mengekspor ke Filipina. Ke depan kita percepat ekspor (jagung)”, ucap Amran seperti dilansir dari siaran pers Humas Kementan di Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Sekedar tahu, Jagung sebanyak 2.350 ton itu dikirim ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta untuk memenuhi kebutuhan wilayah ini dan sekitarnya.

Menurut Amran, Gorontalo salah satu daerah penghasil utama Jagung Indonesia. Bahkan pengiriman ini adalah kali kesekian Gorontalo berhasil melepas hasil produksinya baik untuk memenuhi kebutuhan nasional maupun ekspor.

Sekedar tahu, acara dihadiri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Bupati Boalemo Darwis Moridu, serta Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono.

Dengan semakin meningka kinerja petani Jagung secara nasional kata Amran, Indonesia tengah melirik potensi pasar luar negeri. Di mana, sebelumnya selama ini hanya menjadi langganan impor jagung dari Amerika dan Argentina dan menggerus triliunan rupiah devisa negara.

Kini Menteri Amran memastikan beberapa negara tetangga tengah menunjukkan keseriusannya untuk mengimpor jagung dari Indonesia. pastinya meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri.

Ditambahkan Amran, pada pertengahan tahun 2017 datang para menteri negara sahabat lagsung menemui ke Indonesia terkait rencana mereka untuk mengimpor jagung dari Indonesia.

Malaysia, kami bilateral disana butuh jagung 3 juta ton, nilainya Rp9 triliun, Filiphina butuh 1 juta ton, nilainya Rp3 triliun, berarti kebutuhan total Rp12 triliun yang kita bisa isi, hanya dua negara tetangga”, pungkasnya. (dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar