Home Breaking News Mentan Launching Museum Tanah Indonesia

Mentan Launching Museum Tanah Indonesia

498
Mentan Launching Museum Tanah Indonesia.

BOGOR, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan Soft Launching dan Open House Museum Tanah yang berlokasi di Ir. H Juanda No 98 kota Bogor.

Acara tersebut diselenggarakan bertepatan dengan peringatan World Sail Day atau Hari Tanah Sedunia tahun 2017 dengan tema Peduli Planet Dimulai Dari Peduli Tanah.

“Iklim di Indonesia itu hanya dua, musim kemarau dan hujan. Karena hanya dua ini, karakteristik tanah kita beragam, jadi tanaman apapun pasti tumbuh. Dengan adanya Museum Tanah Indonesia akan menunjukan betapa kayanya negara kita ini,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melaunching Museum Tanah yang berlokasi di Ir. H Juanda No 98 kota Bogor, Selasa (5/12/2017).

Museum Tanah Indonesia didirikan pada tahun 1988 oleh Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanah bekerjasama dengan International Soil Reference and Information Center (ISRIC) yang berkedudukan di Wageningen Belanda dan menjadi satu-satunya museum tanah di Indonesia.

Museum Tanah Indonesia

Saat didirikan, Museum Tanah menempati ruangan yang terbatas sehingga untuk lebih dapat meningkatkan layanan dan jumlah koleksi yang dipamerkan, mulai tahun 2015 dilakukan renovasi gedung dan pengelolaannya yang ditangani langsung oleh Kementerian Pertanian.

Museum Tanah Indonesia saat ini memiliki koleksi sample tanah dan batu dari seluruh pelosok Indonesia. Terdapat pula berbagai koleksi penunjang lainnya seperti monolith tanah, peta, batuan induk, peralatan survey, mesin cetak peta, biodiversitas organisme tanah, informasi perubahan iklim, antikuariat pembentukan tanah dan jenis dan kesesuaian lahan, alat-alat laboratorium lama yang memiliki nilai historis tinggi, sampel pupuk, informasi komoditas utama Indonesia sesuai dengan jenis tanah, diorama ekosistem serta Soil Test KIT.

“Museum Tanah Indonesia akan menambah semarak dan melengkapi Kota Bogor yang telah lama dikenal sebagai kota pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional, sekaligus menambah ikon pariwisata di Kota Bogor,” terang Amran.

Museum Tanah Indonesia ini buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.30-15.00 WIB. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar