Home Breaking News Mensos Resmikan Kampung Siaga Bencana Mahameru Di Kabupaten Malang

Mensos Resmikan Kampung Siaga Bencana Mahameru Di Kabupaten Malang

173
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kampung Siaga Bencana (KSB) ke-502. (Foto : Siwa Ningsih/citraindonesia.com)

MALANG, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kampung Siaga Bencana (KSB) ke-502 yang terletak di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Berdirinya KSB yang diberi nama KSB Mahameru ini dilatarbelakangi oleh kondisi Indeks Risiko Bencana di Kabupaten Malang yang termasuk tinggi dengan skor 219. Dimana secara nasional menempati peringkat ke-9 dari 496 kabulaten/kota yang memiliki risiko bencana tinggi dan sedang.

“Khusus untuk Poncokusumo berpotensi terhadap bencana alam berupa tanah longsor dan erupsi gunung api Bromo dan Semeru,” kata Khofifah kepada wartawan usai mengukuhkan KSB bersama Bupati Malang Rendra Kresna dan Anggota Komisi III DPR RI Moreno Soeprapto Di Malang, Sabtu (5/8/2017).

Mensos mengatakan ada tiga desa di Kecamatan Poncokusumo yang sangat rawan terjadi bencana alam. Ketiga desa ini diapit oleh Gunung Bromo dan Gunung Semeru yakni Desa Gubug klakah, Desa Ngadas, dan Desa Pandandari.

“Kampung Siaga Bencana dibentuk untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam pengurangan risiko bencana sekaligus peningkatan kapasitas relawan masyarakat dalam penanggulangan berbasis masyarakat,” papar Mensos.

Dalam pengukuhan ini hadir para personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Malang dan Malang Raya serta 60 orang warga Kecamatan Poncokusumo yang telah dilatih dalam hal manajemen bencana, pemetaan daerah rawan bencana, manajemen pengungsian, evakuasi bencana dan skenario simulasi bencana.

Mensos juga memberikan secara simbolis bantuan peralatan bencana baik bagi Dinas Sosial Kabupaten Malang maupun KSB. (Ning)

Komentar

Komentar