Home Breaking News Menlu ke Myanmar Bahas Nasib Rohingya

Menlu ke Myanmar Bahas Nasib Rohingya

174
Penderitaan muslim Rohingya yang harus meninggalkan desa mereka dan mengungsi ke Bangladesh. (Foto: Salam)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Suasana memanas. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berencana terbang ke Myanmar membahass nasib etnis Rohingya di Rakhine State.

“Insya Allah kita akan ke Myanmar, kita sedang atur semuanya mudah-mudahan dapat kita segera lakukan,” kata Retno usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Terkait rencana itu, Retno mengaku sudah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

“Kemarin melakukan komunikasi dengan tiga orang, pertama dengan National Security Advisernya Suu Kyi mengenai situasi di Rakhine,” jelasnya.

Kedua, kata Menlu, berkomunikasi dengan Menlu Bangladesh, karena Myanmar dan Bangladesh harus melakukan kerjasama yang baik dalam penanganan, khususnya penanganan pengungsi.

“Karena tanpa kerjasama yang baik akan sulit penanganan pengungsi ini dilakukan,” katanya.

Selanjutnya, lanjut Retno, pada Selasa (29/8) malam berkomunikasi dengan Kofi Annan berbicara dalam konteks bagaimana Indonesia berkontribusi untuk mengimplementasikan hasil atau report dari komisi Anan Advisery Commission yang dipimpin mantan Sekjen PBB ini.

“Karena kalau dilihat dari temporary report yang dikeluarkan pada Agustus yang lalu, apa yang dilakukan Indonesia fit very well dengan rekomendasi yang dikeluarkan komisinya Koffi Anan,” ungkapnya. (ant/friz)

Komentar

Komentar