Home Breaking News Menlu AS Rex Tillerson: China Harus Tekan “Rudal” Korea Utara

Menlu AS Rex Tillerson: China Harus Tekan “Rudal” Korea Utara

177
Menlu AS Tillerson (kiri) dan mitranya dari China.

HONG KONG, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, hari ini Sabtu (18/3/2017) tiba di Beijing. Tillerson berharap China berbuat lebih banyak mengekang Korea Utara, soal senjata nuklirnya.

“Tidak ada pilihan dari meja perindungan- termasuk aksi militer,” ujarnya sembari menyarakan pernyataan keras itu karena Korea Utara adalah sekutu Pemerintahan Beijing.

Selain China, Menlu Tillerson juga melawat ke Korea Selatan dan Jepang. Tur itu terjadi di tengah melebarnya ketegangan di semenanjung Korea menyusul peluncuran rudal Korea Utara baru-baru ini dan ketakutan itu mempersiapkan uji coba nuklir lain.

Di Beijing, Tellerson akan bertemu Menteri Luar Negeri China Wang Yi, dan Presiden China Xi Jinping, esok Minggu.

Dia diperkirakan akan menambah sanksi keuangan pada perusahaan dan bank yang melakukan bisnis di Korea Utara.

“Pemerintah Trump memberikan sanksi lebih keras bagi perbankan yang mengancam aksi militer AS di Korea Selatan. Sanksi lebih keras terhadap entitas bisnis China mengintimidasi Beijing untuk mengubah kebijakannya,” kata Ashley Townshend, seorang peneliti di Pusat Amerika Serikat Studi di University of Sydney.

Presiden AS Donald Trump, Jumat kemarin mengecam Korea Utara dan dipilih China, tweeting, “Korea Utara berperilaku sangat buruk. Mereka telah ‘bermain’ Amerika Serikat selama bertahun-tahun. China telah berbuat banyak untuk membantu!”

Beijing adalah satu-satunya sekutu nyata Korea Utara dan penyumbang ekonomi utama, total 70% perdagangan kedua negara. (friz)

Komentar

Komentar