Home Breaking News Mengerikan Nasib Pekerja Pembuat Baju Ivanka Trump di Indonesia

Mengerikan Nasib Pekerja Pembuat Baju Ivanka Trump di Indonesia

144
Ivanka Trump tampak seksi dengan model sepatu barunya.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kondisi para pekerja pabrik pembuat baju untuk merek Ivanka Trump. Putri Presiden AS Donald Trum, telah terungkap.

Mengerikan. Mereka hanya mendapat upah sangat kecil sampai tidak bisa hidup bersama anak-anaknya, diintimidasi, dan ditawari bonus jika mereka tidak libur saat menstruasi.

Guardian, media asal Inggris, mewawancarai para pekerja di pabrik fashion di Subang, Indonesia.

Di mana, para pekerja mendeskripsikan upahnya adalah yang terendah di Asia dan ada klaim mereka harus mencapai target produksi sangat tinggi sehingga harus bekerja di luar waktu yang ditentukan.

Alia telah bekerja di pabrik tersebut sejak lulus SMA hingga dia melahirkan dua anaknya dan kini dia bekerja membuat busana untuk sejumlah merek termasuk merek Ivanka Trump di pabrik industri PT Buma Apparel, Subang, Jawa Barat.

Selama menikah dengan suaminya, Ahmad, satu atau keduanya harus selalu bekerja. Namun, kata Alia, pasangan itu belum pernah bisa melunasi utang-utang mereka.

Hasil kerjanya selama bertahun-tahun di pabrik itu hanya bisa untuk menyewa dua kamar di rumah kos yang berdebu, dengan harga sewa 30 dolar AS dan hanya didekorasi dengan foto-foto dari anak mereka melepas rindu karena pasangan itu tidak sanggup membiayai anak mereka untuk tinggal bersama di rumah.

Kedua anaknya tinggal dengan sang nenek, yang rumahnya terletak beberapa jam bila ditempuh dengan sepeda motor. Mereka hanya bertemu orang tuanya seminggu sekali ketika mereka punya uang untuk membeli bensin.

Gaji Alia per bulan mencapai batas minimum di provinsi Jawa Barat, yaitu Rp2,3 juta, tapi batas minimum itu adalah salah satu dari yang terendah di Indonesia secara keseluruhan, dan 40 persen lebih rendah daripada gaji di pabrik China, salah satu sumber lain untuk brand Ivanka Trump. (antara)

Komentar

Komentar