Home Breaking News Mendagri: Ormas Indonesia Harus Patuh Aturan

Mendagri: Ormas Indonesia Harus Patuh Aturan

87
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto Setkab.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menegaskan, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2017 Tentang Ormas bukan berarti pemerintah anti organisasi masyarakat (Ormas) keagamaan, namun Ormas di Indonesia  harus taat aturan.

“Sesuai UU 1945 negara akan mending warganya yang ingin berserikat, termasuk membentuk Ormas. Kalau ada organisasi yang berdiri atas nama agama, sah-sah saja. Namun keberadaan di Indonesia tentu harus patuh dan tunduk pada aturan,” tegas Mendagri Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Terkait media sosial yang terkesan seakan pemerintah anti ormas, Mendagri menjelaskan bahwa sebenarnya pemerintah hanya mengambil sikap terhadap Ormas yang di duga melenceng karena ingin mengganti landasan dasar negara yakni Pancasila serta UUD 1945.

Mendagri mengkritik wacana di media-media sosial yang dinilai mengesankan penertiban Perppu tersebut seolah-seolah pemerintah dianggap anti ormas keagamaan, dalam hal ini Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Lanjutnya menegaskan pahwa, Ormas harus menghormati Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Bila mulai menyimpang, berarti Ormas tersebut dianggap telah melanggar. (*)

Komentar

Komentar