Home KESRA Buruh Menaker Serahkan Penghargaan K3 Untuk Auditi BKI

Menaker Serahkan Penghargaan K3 Untuk Auditi BKI

116
menaker Serahkan Penghargaan K3 Untuk Auditi BKI. (Foto: Kemenaker)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI beserta 10 lembaga sertifikasi K3 lainnya bersama Menteri Tenaga Kerja M. Hanif Dakhiri, serahkan sertifikat dan penghargaan K3 kepada seluruh auditi SMK3 seluruh Indonesia.

Pemberian penghargaan K3 tersebut langsung diserahkan Menteri Tenaga Kerja dan diselenggarakan Kementerian Tenaga Kerja di Hotel Bidakara Jakarta Selatan pada Rabu malam (19/7/2017).

Direktur Utama PT BKI – Rudiyanto yang juga dinobatkan sebagai Ketua Plasma K3 oleh Menaker, menilai pemberian penghargaan K3 kepada auditi tersebut merupakan hal yang patut disyukuri.

Sebab BKI sebagai lembaga penyedia jasa sertifikasi dan inspeksi SMK3 dapat meningkatkan layanannya kedepan dan auditi SMK3 yang telah diaudit mulai sejak pra audit, audit tingkat awal dan lanjutan terus dapat berbenah diri dan menjadikan BKI sebagai Konsultan yang ramah dan tepat.

PT BKI tidak hanya memiliki bidang jasa sertifikasi dan survey untuk aspek keselamatan di kapal, itu yang mandatory sebagai pelimpahan tugas pemerintah kepada BKI, akan tetapi juga BKI memiliki sektor komersil yang dibawahi beberapa unit bisnis salah satunya terkait K3.

Sebagai Ketua Plasma K3/ Direktur Utama PT BKI – Rudiyanto berharap agar terkait SMK3 kesadaran & kepedulian masyarakat terhadap K3 semakin baik dari tahun ke tahun dengan harapan tingkat kecelakaan pekerja dapat diminimalisir.

PT BKI memang memiliki unit jasa untuk kebutuhan sertifikasi SMK3 yang bisnisnya dikelola oleh sebuah unit dengan nama SBU Industri/Strategik Bisnis Unit Industri. SBU Industri memiliki auditor khusus untuk Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja/SMK3.

Manajer Umum dan Auditor SMK3 SBU Industri BKI, Didiet E. Firmansyah, mengatakan saat ini BKI sudah memiliki klien auditi SMK3 sebanyak 197 perusahaan. Memang pada momen penghargaan ini (Rabu, 19/7/2017) kita memberikan sertifikat yang telah mereka dapatkan dari hasil audit SMK3nya baik itu tahap awal maupun lanjutan.

Didiet menambahkan setiap tahun jumlah auditi SMK3 BKI semakin meningkat. SBU Industri BKI berupaya terus meningkatkan profesionalitas layanannya terhadap customer. Bentuk layanan SMK3 ini menurut Didiet adalah konsultasi yang selayaknya ada disetiap jenis produksi dan jasa yang dikelola masyarakat Indonesia.

Pasalnya, ia mengatakan dalam PP No 50 Tahun 2012 dijelaskan tentang bagaimana mengelola perusahaan yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 100 orang dan/atau memiliki tingkat resiko yang tinggi. Oleh karena itu, sosialisasi terkait Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja selayaknya menjadi perhatian bersama. (Rilis)

Komentar

Komentar