Home Breaking News Manfaat Bioteknologi ke Sektor Pertanian

Manfaat Bioteknologi ke Sektor Pertanian

105
Petani tengah memanen kedelai. (Foto: Ica Citraindonesia)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Bioteknologi aspeknya sangat luas manfaatnya. Kini lebih mengarah ke sektor pertanian seperti pangan transgenic, lingkungan dan pakan.

‘Memang produk pangan transgenik ini masih diperdebatkan hingga saat ini. Tetapi kita harus ingat, bahwa kita mengkonsumsi kedelai impor, itu kedelai transgenik’, jelas Bambang Purwantara, Direktur Indonesia Biotechnology Information Center (IndoBic) di Jakarta, Senin (5/2/018).

Dosen Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bayu Krisnamurthi, menerapkan bioteknologi pertanian, dapat meningkatkan hasil hingga 22 persen, penggunaan pestisida turun hingga 37 persen dan keuntungan petani akan meningkat 68 persen.

‘Yang jelas bisnis bioteknologi itu sangat menguntungkan, asalkan kita telah menguasai riset, teknologi dan infrastrukturnya, termasuk di dalamnya paten dan orang-orang yang terlibat di dalam bioteknologi’, jelasnya.

Bambang menjelaskan beberapa hal saat ini sedang jadi isu terkait bioteknologi yaitu belum selesainya Pedoman Pengawasan setelah pelepasan varietas baru kepada masyarakat.

‘Seperti tertuang di Permentan No.61/2011 mengenai penilaian, pelepasan dan penarikan varietas tanaman untuk pelepasan varietas bioteknologi belum disusun di dalamnya’, terang Bambang.

Juga Ketua Komisi Perlindungan Hayati, Agus Pakpahan mengatakan sampai saat ini terdapat produk bioteknologi mendapatkan persetujuan keamanan pangan di Indonesia, yakni Tebu tahan kekeringan dan Jagung toleran herbisida.

‘Kedua produk sedang menunggu persetujuan untuk rilis keomersial agar memenuhi persyaratan untuk dibudidayakan dalam pertanian di Indonesia bagi kepentingan petani’, katanya.

Dosen Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (IPB), Antonius Suwanto menjelaskan kemajuan teknologi telah menghasilkan peningkatan luar biasa dalam produktivitas pertanian.

Meliputi produksi tanaman hibrida dan penggunaan gen yang mengubah postur tanaman sehingga meningkatkan produktivitas.

‘Bioteknologi merupakan sarana penting untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional’, jelasnya. (ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar