Home EKUIN P3DN Mamfaat Desain Apik Bagi Sebuah Produk!

Mamfaat Desain Apik Bagi Sebuah Produk!

210
Petugas Disperindag Jambi meneliti produk kemasan kaleng saat melakukan sidang ke sejumlah supermarket. (Foto: Suwandi/Citraindonesia)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Yang namanya desain apik kemasan sebuah produk konsumsi, itu pasti membuat orang ngiler. Kemasan itu ibarat gadis tengah bersolek, pria yang menatap gadis cantik, pasti klepak- klepak pada pandangan pertama. Jadi mamfaat kesing sangat besar sebuah produk!

Itulah ibarat inspirasi para pendiri Indonesia Design Development Center (IDDC) yang memang core bisnisnya fokus  dengan pengembangan produk berbasis desain yang merupakan program lanjutan setelah diresmikannya IDDC itu 29 September 2016.

IDDC merupakan wadah kolaborasi bagi dunia usaha, asosiasi, akademisi dalam berkreasi menghasilkan produk-produk ekspor yang bernilai tambah dan berdaya saing di pasar global.

Berbagai program dan layanan terdapat di IDDC yaitu meliputi Layanan Klinik Desain, sebagai sarana konsultasi desain yang disertai fasilitas penunjang lainnya; Layanan Informasi Desain, yang menyediakan akses ke situs Stylus dan Euromonitor International yang menyajikan berbagai
informasi tren desain terkini termasuk perkembangan pasar di 20 negara; Layanan Pustaka Desain; Seminar Desain Internasional; Co-Work Space; Fasilitasi Design Award; dan Pendampingan Desain (DDS).

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Arlinda mengharapkan hubungan antara Pemerintah, pakar- pakar ITB, akademisi lainnya sebagai mitra strategis dapat ditingkatkan untuk memperkuat roda perdagangan nasional.

Di mana, pemerintah memiliki komitmen besar bersama mitra strategis
mengimplementasikan butir-butir cakupan kerja sama sesuai tugas dan fungsi Ditjen PEN dan mitra strategis, sehingga pengembangan produk ekspor yang berdaya saing dan bernilai tambah dapat tercapai.

Adapun di bidang pemasaran dan promosi, saat ini Kemendag juga melakukan sinergi dengan PT. Sarinah Tbk. dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) untuk mempublikasikan dan memasarkan produk-produk hasil kolaborasi desainer dan pelaku usaha di IDDC.

“Sesuai arahan Bapak Presiden pada saat meninjau Trade Expo Indonesia 2016, kami akan terus berupaya mengembangkan desain dan kemasan produk daerah menjadi berkualitas dan berdaya saing melalui pengiriman desainer-desainer ke daerah. Diharapkan Indonesia akan semakin banyak menciptakan produk dengan desain yang baik dan sesuai selera pasar, serta semakin
mumpuni menghadapi persaingan pasar global,” jelas Arlinda. (friz)

Komentar

Komentar