Home Breaking News Mahasiswa Ini Benarkan Ada Buku Cantumkan “Yerusalem Ibu Kota Israel”

Mahasiswa Ini Benarkan Ada Buku Cantumkan “Yerusalem Ibu Kota Israel”

675
Buku pelajaran SD di Jember mencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. (Dok. Istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Seorang mahasiswa Universitas Negeri Jember, Muhammad Arifin membenarkan adanya buku pelajaran IPS 6A SD di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencantumkan ibu kota Israel adalah Yerusalem.

‘Saat saya cek di toko, ternyata benar bahwa memang ada buku paket pelajaran IPS kelas 6 A SD, yang menyebut Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel. Tidak hanya itu, di kolom Ibu Kota Palestina sengaja dikosongkan,’ katanya.

Ia berharap pemerintah segera mengambil langkah tegas. “Jika dibiarkan sangat berbahaya terhadap pemahaman siswa SD yang masih polos,” ujarnya.

Sementara itu manajer toko buku Toga Mas, Andi, yang menjual buku tersebut mengaku tidak tahu tentang isi buku pelajaran tersebut. Menurutnya, ia akan segera berkoordinasi untuk menarik penjualan buku itu.

‘Saya akan langsung berkoordinasi dengan atasan, agar buku itu segera ditarik dari penjualan,’ kata Andi.

€Kepala Bidang Sekolah Dinas Pendidikan Jember Debora Krisnawati menyesalkan penyebaran buku itu. Seharusnya, sebelum beredar, isi buku seharusnya diteliti lebih dulu.

Ia mengatakan, buku tersebut bukan didistribusikan Dinas Pendidikan. Sejauh ini ia juga belum mengetahui apakah buku tersebut dijadikan buku wajib di sekolah atau tidak. Namun

‘Kami berjanji segera menghubungi penerbit, supaya buku itu ditarik dari peredaran,’ kata Debora.

Kota Yerusalem diakui sebagai Ibu Kota Israel oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pernyataan Trump tersebut memantik gelombang protes, terutama di Indonesia.

Sejumlah aksi digelar di Kedutaan Besar AS di Jakarta mendesak Trump mencabut pernyataan itu. Pemerintah Indonesia juga menggalang dukungan dari dunia internasional agar pengakuan AS itu tidak diikuti oleh negara-negara lain (sumber : cnn).

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar