Home INTERNASIONAL Ledakan Dua Bom Mobil Renggut Nyawa 13 Warga Irak

Ledakan Dua Bom Mobil Renggut Nyawa 13 Warga Irak

72

BAYAA, CITRAINDONESIA.COM- Sumber di kepolisian Baghdad, Irak, mengabarkan, sedikitnya 13 orang tewas ketika dua bom mobil berdaya ledak tinggi mengguncang Bayaa yang berada di tenggara Bahgdad, senin (1/9/2014) waktu setempat.

“ledakan itu juga mencederai  45 orang,” ujar sumber yang tak mau disebutkan namanya itu seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (2/9/2014).

Ledakan yang terjadi sangat keras, sehingga merusak beberapa mobil dan bangunan yang berada di sekitarnya.

Irak berada dalam kondisi terburuk sejak Presiden Sadam Husein digulingkan pada 2011 dengan dukungan Amerika Serikat (AS). Menurut misi bantuan PBB untuk Irak, serangkaian aksi teror dan kerusuhan yang terjadi dalam delapan bulan terakhir, telah menewaskan puluhan ribu orang dan mencederai 11.666 orang lainnya.

Pada Agustus saja, warga yang tewas mencapai 1.420 orang, sementara yang cedera mencapai 1.370 orang. Salah satunya akibat perjuangan pasukan Irak untuk mengambil kembali wilayah-wilayah yang dikuasai oleh kelompok gerilyawan.

Jumlah itu, menurut PBB, tidak termasuk korban tewas di Provinsi Anbar, sebelah barat Baghdad, dan awilayah-wilayah lain yang berada di luar kendali pemerintahan Baghdad.

Gerilyawan bersenjata Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pada Juni silam menyerbu sebagian besar wilayah di lima provinsi di Irak, dan membuat pasukan keamanan kocar-kacir.

Setelah periode pertempuran yang cukup lama, para gerilyawan melancarkan serangan baru di bagian utara negeri tersebut pada awal Agustus, mendesak pasukan Kurdi kembali ke ibu kota di daerah mereka, serta memaksa ratusan ribu orang mengungsi, sehingga Washington memutuskan turun tangan untuk menggempur ISIS dari udara.

Pejuang Kurdi dengan dukungan udara AS telah berhasil menguasai kembali beberapa wilayah yang telah direbut ISIS di bagian utara Irak, dan dilaporkan juga terjadi pertempuran sengit di timurlaut Baghdad.

Gerilyawan juga telah melakukan serentetan pemboman yang merenggut korban jiwa. (kris)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar