Home Breaking News Lapas Indonesia Dibelit Masalah SDM

Lapas Indonesia Dibelit Masalah SDM

164
C

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengakui kalau masih banyak problem yang membelit lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia, khususnya yang terkait masalah sumber daya manusia (SDM).

“Ya, saya akui memang SDM jadi masalah utama. Misalnya, sejauh mana mereka paham tentang aturan tentang perlakuan bagi seorang narapidana,” ujar Juru Bicara Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Akbar Hadi dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (26/9/2015).

Namun ia mengaku kalau hal ini wajar karena mayoritas sipir Lapas di Indonesia hanya lulusan SMA, sehingga ketika berhadapan dengan narapidana yang cerdas, mereka gampang diperdaya.

“Ditambah lagi narapidana memiliki uang yang cukup banyak. Mereka para sipir langsung saja disogok,” jelasnya.

Menyikapi itu, Akbar menyatakan berbagai upaya dilakukan Kemenkumham untuk terus berbenah. Misalnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan agar profesionalisme para sipir semakin meningkat.

“Bahkan Pak Menteri mengadakan program pembelajaran ke luar negeri bagi sipir yang mahir berbahasa Inggris. Ini dalam rangka mengikuti short course terkait dunia lapas di luar negeri,” jelasnya.

Seperti diketahui, Lapas kembali disorot karena terpidana 30 tahun kasus mafia pajak, Gayus Tambunan, ternyata masih dapat berkeliaran kemana-mana, sehingga jika pada November 2010 dia dipergoki sedang asyik nonton tenis di Bali, beberapa waktu lalu Gayus dipergoki sedang makan-makan di restoran dengan dua orang perempuan.

Kejadian ini bukan Kemenkumham memindahkan Gayus dari Lapas Sukamiskin Bandung, ke Lapas Gunung Sindur, Bogor. (man)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar