Home Breaking News Lagi Hecker “Malak” Serang Komputer di Seluruh Dunia

Lagi Hecker “Malak” Serang Komputer di Seluruh Dunia

229
Cara kerja para pelaku cyberattackers.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Lagi perusahaan di seluruh dunia melaporkan bahwa komputer di kantor mereka diserang cyber ransomware yang kian besar.

Badan periklanan Inggris WPP termasuk di antara mereka yang mengatakan sistem TI- nya terganggu.

Di Ukraina, perusahaan listrik negara dan bandara utama Kiev, yang pertama melaporkan masalah dialaminya.

PLTN Chernobyl juga harus memantau tingkat radiasi secara manual setelah sensor berbasis Windows dimatikan.

Perusahaan anti-virus Rusia Kaspersky Lab mengatakan bahwa analisisnya menunjukkan terjadi 2.000 serangan – terbesar di Ukraina, Rusia dan Polandia.

Organisasi kepolisian internasional atau Interpol mengatakan bahwa pihaknya “memantau dengan ketat” situasi dan hubungan dengan negara-negara anggotanya.

Para ahli menyarankan malware tersebut memanfaatkan kelemahan yang sama yang digunakan oleh serangan Wannacry bulan lalu.

“Ini awalnya varian dari ransomware yang muncul tahun lalu,” kata ilmuwan komputer Prof Alan Woodward.

Perusahaan keamanan dunia maya Kaspersky Lab melaporkan mereka percaya malware adalah “alat peraga baru belum pernah terlihat sebelumnya” meskipun memiliki kemiripan dengan Petya.

Akibatnya, firma tersebut menyebutnya NotPetya. Kaspersky menambahkan bahwa pihaknya telah mendeteksi adanya dugaan serangan di Polandia, Italia, Jerman, Prancis dan Amerika Serikat di samping Inggris, Rusia dan Ukraina.

Andrei Barysevich, juru bicara perusahaan keamanan Recorded Future, kepada BBC, serangan itu tidak akan berhenti karena para pencuri cyber menganggapnya menguntungkan.

“Perusahaan hosting Korea Selatan membayar $ 1 juta untuk mendapatkan kembali data mereka dan itu adalah insentif yang sangat besar,” katanya. “Ini adalah insentif terbesar yang bisa Anda tawarkan kepada penjahat cyber.”

Dompet bitcoin yang terkait wabah ini telah menerima beberapa pembayaran sejak wabah dimulai. Dompet saat ini berisi 3,3 bitcoin (£ 6,175; $ 7,920).

“Ach hecker penjahat tengik kau”. (oca)

 

Komentar

Komentar