Home Breaking News Kunjungan Wisman Turun, Ini Saran Pengusaha

Kunjungan Wisman Turun, Ini Saran Pengusaha

193
Wisman berbaur dengan Wisnus di kemeriahan Sail Selat Karimata 2016. (Foto: Ist)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia perlu mendapatkan perhatian pemerintah.

“Kita menyarankan supaya pemerintah mengavaluasi apa penyebab turunnya jumlah kunjungan  Wisman ke Indonesia. Karena kan angka penurunannya cukup besar 1,86 persen pada Bulan Juni 2017 dibanding sebelumnya,” ujar Riyanto, seorang bisnismen tour and travel di Jakarta, Senin (21/8/2017).

“Sebenarnya kalau disebut isu bom, negeri ini aman- aman saja. Kalau disebut karena politik yang gonjang- ganjing ya ada benarnya. Tapi kok angka turunnya sebesar itu? Saya jadi gak habis pikir ya. Jadi promosi itu bisa jadi solusinya,” jelasnya.

Lantas apa yang harus dievaluasi? “Saya rasa sistem promonya perlu lagi kita tingkatkan sehingga tidak semakin tergerus. Kita ini bisa rugi total, bila kita rugi, hotel dan restoran juga akan menrasakan dampaknya. Jadi pemerintah, ayo kita promosi, apakah lewat budaya, musik, diving, atau apapun namanya , yang penting membawa perubahan. Karena penurunan angka itu mengkhawatirkan,” paparnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisman Juni tahun 2017 turun 1,86 persen dari bulan sebelumnya menjadi 1,13 juta orang. Selama kurun itu, ada 910,9 ribu kunjungan wisatawan mancanegara reguler dan 21,4 ribu wisatawan mancanegara khusus.

“Penurunan terjadi karena faktor musiman, mayoritas tetap masuk melalui 19 pintu utama,” ujar Kepala BPS Suhariyanto saat konfrensi pers di Jakarta, Selasa lalu (15/8/2017). (linda)

Komentar

Komentar