Home Breaking News KTT G20 Perbaharui Kesepakatan Paris Tentang Perubahan Iklim

KTT G20 Perbaharui Kesepakatan Paris Tentang Perubahan Iklim

185
Tampak Presiden Jokowi (kanan), Presiden AS, Donald Trump, PM India dan lainnya pada KTT G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7/2017). setkab.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemimpin KTT G20 di Jerman memperbarui komitmen melaksanakan kesepakatan Paris tentang perubahan iklim, walaupun AS mencabut dukungannya.

“Kami mencatat keputusan Amerika Serikat untuk menarik diri dari Persetujuan Paris.” kata mereka.

Pemimpin G20 lainnya menyatakan kesepakatan yang dilakukan negara-negara dunia untuk membatasi kenaikan suhu global “tidak dapat diubah”.

Dalam konferensi pers penutupnya, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan dia masih menyesalkan sikap Presiden Trump terhadap kesepakatan Paris, tetapi dia “bersyukur” 19 negara lainnya menentang upaya negosiasi ulang.

Bahwa AS “berusaha bekerja sama dengan negara lain untuk membantu mereka mengakses dan menggunakan bahan bakar fosil dengan lebih bersih dan efisien”.

Presiden Prancis Emmanuel Macron tetap berharap bisa meyakinkan Presiden Trump untuk mengubah pikirannya, dengan mengatakan: “Saya tidak pernah putus asa untuk meyakinkannya karena saya pikir ini adalah tugas saya.”

Dia mengumumkan Paris akan menjadi tuan rumah KTT lainnya pada 12 Desember yang diharapkannya dapat membuat kemajuan lebih lanjut dalam kesepakatan iklim serta masalah pembiayaannya. (bbc/ling)

Komentar

Komentar