Home NASIONAL Hukum KPK Endus Korupsi Dana Desa

KPK Endus Korupsi Dana Desa

424
Ilustrasi, (Foto: istimewa)

CIREBON, CITRAINDONESIA.COM- Fungsional pendidikan dan pelayanan Masyarakat komisi pemberantasan korupsi (KPK) Wuryono Prakoso mengungkapkan, bagian Litbang KPK sudah mulai melihat adanya indikasi penyelewangan program dana desa.

“Bagian litbang KPK sudah melakukan kajian adanya indikasi korupsi dana desa dan kami juga sudah melakukan rekomendasi tentang pencegahannya,” kata Wuryono di Cirebon, Kamis (21/4/2016).

Menurut Waryono, sudah banyak temuan awal tentang adanya penyelewengan dana desa yang ditemukan oleh lembaga anti rasuah tersebut. Kajian dan saran perbaikan sudah disampaikan kepada instansi yang terkait. Menurutnya, tidak sedikit pengalokasian dana desa yang salah kaprah.

Wuryono juga mencontohkan, ada salah satu desa yang dana desanya digunakan full untuk membangun pagar. Dengan bentuk konstruksi dan pemborong yang sama. Hal tersebut disinyalir ada permainan yang dilakukan oleh pemerintah desa dengan pemborong yang melakukan pengerjaan tersebut.

“Namun, soal penindakan bukan wewenang KPK, karena hal tersebut bukan domain KPK. Karena dari segi jumlah dana, pelaku serta lainnya tidak masuk dalam wewenang KPK. Karena KPK bisa menindak korupsi dengan kerugian diatas Rp1 miliar,” kata Wuryono.

Waryon menuturkan, banyak yang rentan menjadi pelaku korupsi dana desa, bukan hanya kepala desa saja. Wuryono mencontohkan, jika dalam pengalokasian dana desa, yang dilibatkan hanya rekan dari kepala desa untuk memuluskan proyek pribadi. Maka itu juga masuk dalam satu tindakan korupsi.

“Begitu juga jika ada fasilitator atau pendamping desa yang mengarahkan rencana pembangunan. Tapi ternyata hal tersebut pesanan dari pemborong atau lainnya, itu juga bisa masuk dalam ranah korupsi,” pungkas Wuryono. (yoh)

Komentar

Komentar