Home Breaking News Korea Utara Enngan Temu Orang AS di Olimpiade

Korea Utara Enngan Temu Orang AS di Olimpiade

68
Para atlit Korea Utara untuk Olimpiade 2018 di Korea Selatan - foto capture reuters

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Korea Utara enggan bertemu orang A.S. pembukaan Olimpiade tahun 2018 di resor pegunungan Pyeongchang, Jumat (9/2/2018).

Kim Yo Jong, dan rombongannya melakukan perjalanan dengan jet pribadi ke Bandara Internasional Incheon Seoul pada hari Jumat sore, Korea Utara menginformasikan ke Selatan. Delegasi tersebut akan makan siang bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Sabtu lusa (10/2/2018).

‘Kami belum pernah berdialog dengan A.S. atau di masa depan juga’, kata kantor berita KCNA mengutip Jo Yong Sam, Dirjen Kemenlu Korea Utara.

‘Secara eksplisit, kami tidak memiliki niat untuk bertemu dengan A.S. Selama kunjungan di Korea Selatan … Kunjungan delegasi kami ke Korea Selatan hanya untuk ambil bagian dalam Olimpiade dan menyambut keberhasilannya’, jelasnya.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, menggambarkan Korea Utara rezim paling tirani di dunia. Dia tiba di Korea Selatan, Kamis (8/2/2018), menjelang pembukaan Olimpiade di Pyeongchang, 80 km (50 mil) dari perbatasan bersenjata dengan Korea Utara yang tertutup. .

Upacara tersebut juga akan dihadiri oleh delegasi senior pejabat Korea Utara, termasuk adik perempuan pemimpin Kim Jong Un dan kepala negara bagian Utara, Kim Yong Nam.

Amerika Serikat tidak meminta pembicaraan dengan Korea Utara, namun Pence membuka kemungkinan adanya kontak meskipun pesannya untuk denuklirisasi tetap tidak berubah.

Pence mengatakan Washington segera mengungkap ‘sanksi ekonomi terberat dan paling agresif terhadap Korea Utara’. Korea Selatan ingin menggunakan Olimpiade ini sarana menuju perdamaian dengan Korea Utara. (reuters/oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar